Sejarah Singkat Ripple Coin (XRP) dan Stellar Coin (STR)



Jed McCaleb merupakan orang yang menciptakan dua perusahaan kripto yang pertama adalah Ripple Labs (XRP) dan sekarang Stellar (STR). Ia mendirikan kedua perusahaan tersebut di San Fransisco. Perusahaan yang menciptakan Ripple (XRP) adalah Ripple Labs (sebelumnya disebut OpenCoin). Sedangkan perusahaan yang menciptakan Stellar (STR) disebut dengan Stellar Development Foundation (sebelumnya dikenal dengan Jed McCaleb’s Secret Bitcoin Project).

Sebelum menciptakan kedua mata uang tersebut. Pada bulan Juli 2010 McCaleb mendirikan sebuah perusahaan yang melayani jual-beli bitcoin yaitu Mt.Gox, karena ia menyadari bahwa jika Bitcoin ingin sukses, Bitcoin harus mudah untuk didapatkan ataupun diperjual-belikan.Benar saja dalam waktu tiga tahun, Mt.Gox berhasil mengoperasikan 70% dari total transaksi Bitcoin di dunia.

Mt. Gox berhasil mempopulerkan Bitcoin, namun beberapa saat kemudian perusahaan itu juga yang hampir menghancurkannya. Pada bulan Februari 2014, Mt. Gox mulai menghentikan proses jual-beli BTC di situsnya dan mengeluarkan surat pernyataan bahwa perusahaan itu sedang mengalami kebangkrutan dan kini sedang dalam proses untuk dilikuidasi. Sempat diberitakan pada awalnya bahwa terdapat 850.000 BTC (yang kira-kira seharga 450 juta USD pada saat itu) yang hilang dan kemungkinan besar dicuri oleh suatu pihak. Namun beberapa saat setelahnya, hampir ¼ bagian dari ratusan ribu BTC yang hilang itu dapat ditemukan kembali.

Berdasarkan peristiwa di atas, Bitcoin memang memiliki beberapa kelemahan. Seperti dalam kasus di atas Mt.Gox telah menghilangkan hampir 4% dari total suplai Bitcoin yang terbatas. Ripple (XRP) diciptakan oleh Jed McCaleb pada tahun 2011 dengan harapan penciptannya dapat menutupi kekurangan Bitcoin. Pada pertengahan Desember, total nilai mata uang tersebut sudah mencapai 527 juta USD. Dengan nilai sebesar itu, Ripple (XRP) berhasil menduduki posisi kedua setelah Bitcoin dengan market cap sebesar 3,6 milyar USD (posisi ketiga ditempati Litecoin dengan market cap mencapai 50 juta USD).

Pada awal musim panas 2013, McCaleb meninggalkan Ripple begitu saja. Pada bulan Maret 2014, dia benar-benar keluar dari perusahaan tersebut dan tidak lagi tercatat sebagai anggota dewan. Sebulan kemudian McCaleb meluncurkan Stellar. Stellar (STR) ditemukan pada bulan Juli 2014 dengan market mencapai 17 juta USD.

Untuk mendapatkan XRP dan STR anda bisa mendapatkannya disini Bitcoin.co.id.

Sumber:
Dirangkum dari artikel “The Race to Replace Bitcoin” yang ditulis oleh Michael Craig
https://cryptocr.blogspot.co.id/2017/05/cerita-dibalik-lahirnya-ripple-coin-xrp.html

0 Response to "Sejarah Singkat Ripple Coin (XRP) dan Stellar Coin (STR)"