Contoh Pidato Korupsi dan Masa Depan Bangsa

Yang saya hormati, Bapak Drs. Manap Solihat S.Sos. M.Si, Selaku Rektor Universitas Komputer Indonesia, serta teman-teman mahasiswa yang berbahagia.
Asaalammualaikum wr.wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Teman-teman mahasiswa yang berbahagia,
Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai “KORUPSI DAN MASA DEPAN BANGSA”. Kata korupsi sudah tidak asing lagi untuk kita dengar, karena sekarang kita sering mendengar kata tersebut dari berbagai media. Sebagaimana kita ketahui Korupsi berasal dari bahasa latin corruptio yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan.
Teman-teman mahasiswa yang berbahagia,
Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politisi/politikus, maupun pegawai negeri yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri dengan menyalah gunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepadanya. Banyak kasus korupsi yang terjadi di Negara kita yang gencar diberitakan di media media massa. Jika kita membahas tentang korupsi di negara kita ini, pasti tidak akan pernah ada habisnya. Tindakan ini sangat merugikan negara bahkan rakyat kecil yang tidak tahu apa-apa. Tindakan korupsi yang dilakukan oleh koruptor, bukan lagi menjadi tindakan yang dilakukan karena terdesak kebutuhan, melainkan tindakan yang mengandung unsur keserakahan.
Teman-teman mahasiswa yang berbahagia,
Kenapa di negari tercinta ini para koruptor semakin menjamur? Jawabanya tentu banyak dan bervariasi. Namun pertanyaan yang tepat, bagaimana peran kita, para mahasiswa dalam melawan korupsi? Sebagai seorang calon Entrepreneur dan pemimpin bangsa ini. Contohnya dengan membayar pajak, kita tidak boleh tergoda dengan jalan pintas lain, atau menggunakan jasa makelar kasus.
Teman-teman mahasiswa yang berbahagia,
Demi kemajuan bangsa kita ini marilah kita jaga diri kita dengan tidak melakukan korupsi, dengan cara lebih meningkatkan kualitas keimanan kita, kejujuran kita dalam melakukan sesuatu. Negara kita ini bisa menjadi lebih baik lagi di masa depan asal kita semua dari sekarang mampu merubah sikap dan keimanan kita menjadi lebih baik, supaya para penerus bangsa ini bisa mencontoh prilaku baik dari penerusnya. 
Teman-teman mahasiswa yang berbahagia,
Hal yang kita lakukan dalam memberantas korupsi adalah dengan memulai pada diri kita sendiri. Korupsi adalam masalah mental, keimanan dan kecenderungan terhadap kecintaan dunia. Generasi anak bangsa negara yang baik harus dididik dengan baik dan bukan saja untuk kecerdasan IQ, tetapi juga emosional dan spiritual yang tinggi sehingga melahirkan mental dan keimanan kuat dalam melawan korupsi.
Teman-teman mahasiswa yang berbahagia,
Negara kita tidak memerlukan orang yang hanya memiliki kepintaran saja melainkan orang yang memiliki kejujuran dan kepribadian yang besar sehingga tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Seharusnya kita mementingkan Kualitas bukan kuantitas. Generasi anak bangsa Negara yang baik harus di didik yang baik tidak terlalu mementingkan IQ tetapi emotional dan spiritual yang tinggi sehingga tidak lahir koruptor di masa-masa mendatang. Moral bukanlah ilmu pengetahuan untuk diajarkan. Moral adalah budaya dan perilaku hidup yang hanya dapat diwariskan melalui keteladanan.
Teman-teman mahasiswa yang berbahagia,
Meski pidato ini tak membahana. Bukan berarti tak bermakna. Meski korupsi sudah merajalela, bukan berarti negeri ini harus merana.
Akhir kata, wabilahi taufik walhidayah. Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh.

0 Response to "Contoh Pidato Korupsi dan Masa Depan Bangsa"