Apa Ethereum atau ETH itu?


Ethereum (ETH) diciptakan oleh Vitalik Buterin bersama teman-temannya pada tahun 2013. Blok pertama Ethereum ditemui pada 30 July 2015. Ethereum adalah Tempat Platfrom Bahasa Pemprograman Tempat Menyimpan Aset Uang Ether. Ethereum mirip Sistem Blockchain milik Bitcoin. Namun di Ethereum tidak memiliki Pihak ke 3 yg Terlibat di dalamnya.

Ethereum (ETH) merupakan Perusahaan otonom atau berjalan dengan sendirinya karena adanya Jaringan Internet. Tidak melibatkan manusia atau pegawai di balik layarnya. Sehingga keberadaannya tidak diatur oleh Pemerintah, Bank, Pihak Startup ke 3, Perusahaan, Regulasi, Undang-Undang dan tidak mungkin bisa di matikan atau pun diblokir. Jika di Indonesia Ethereum itu mirip Seperti bank BCA, BRI, BNI, dll. Tempat biasanya kita melakukan transaksi atau transfer uang. Tetapi ETHEREUM berbeda dengan bank. Karena ia tidak berbentuk Fisik tetapi hidup di “Dunia-Maya”.

Ethereum (ETH) membutuhkan Bahan Bakar untuk bisa terus berjalan di dunia maya Internet. Bahan Bakar ini disebut “ETHER”. Untuk Mendapatkan 1 ETHER, kita harus menghidupkan Komputer atau Laptop 24 jam. Minimal Komputer memiliki 2 RAM. 

Jumlah Pertambangan Ether pertahunnya ditetapkan sebesar 18.000.000 Juta. Namun keberadaannya "tidak dibatasi" seperti halnya Bitcoin yang hanya mencapai 21.000.000 unit saja dan akan mengalami penguran setiap empat tahun sekali. Artinya ETH sangat tergantung terhadap manusia, sehingga Inflasi dan jumlahnya juga ditentuka oleh kebutuhan dan sifat manusia.

Karena Ethereum (ETH) memililki sifat yang otonom atau tidak memiliki perusahaan yang mengaturnya, ETH diaanggap setara dengan Bitcoin. Selain itu ETH juga memiliki kelebihan dibandingkan Bitcoin, yaitu ETH berjalan di Sistem Ethereum yg Saling Menopang.

Ethereum (ETH) adalah sebuah platform rantai-blok dengan fungsi kontrak cerdas[1]. Ethereum mempunyai fungsi seumpama virtual machine yang boleh menjalankan kontrak cerdas peer-to-peer dengan uang kriptografi Ether (ETH).

Ether adalah unit tanda uang platform Ethereum. Ether diperdagangkan di bursa crytocurrency seperti cryptocurrency lainnya. Ether digunakan untuk membayar komputasi jaringan Ethereum. Seperti Bitcoin, Ethereum menggunakan ide perantaian bukti-dari-kerja algorithm Ethash.

Untuk mendapatkan ETH anda bisa mendapatkannya di sini Bitcoin.co.id.

Sumber:
cryptotimeindonesia.blogspot.com/2016/03/apa-itu-uang-ethereum-eth-dan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Ethereum

1 Response to "Apa Ethereum atau ETH itu?"

  1. Invest in Ethereum on eToro the World's Best Social Trading Network!

    Join 1,000,000's who have already discovered easier strategies for investing in Ethereum...

    Learn from experienced eToro traders or copy their trades automatically!

    ReplyDelete