Tugas Entrepreneur Bab 5 Lengkap



1. Tetapkan suatu usaha atau perusahaan yang akan Saudara jalankan (nama usaha atau perusahaan, jenis usaha, lokasi dan lain-lain). Dalam menjalankan bisnis tersebut, apa sasaran bisnis Saudara? Apa tujuan penetapan sasaran bisnis ini?
Jawab:
Nama perusahaan akan dinamakan VIPHO Project, VI adalah Video dan PHO adalah Photo. Lokasi mencari lokasi yang stratregis seperti daerah dago. Jenis udaha adalah jasa pembuatan Video profile, video klip, pra wedding, photo kamera, sewa kamera dan alatnya, servi ce kamera dan toko kamera. Sasaran utama adalah memenangi berbagai kejuaraan fotograpy dan videograpy serta selalu menghasilkan foto atau video yang bagus untuk para konsumen, agar promosi pun bisa terbantu dengan “mouth to mouth” atau dari mulut ke mulut. Target adalah sekolah-sekolah, perguruan tinggi, orang menikah yang akan membuat video profile atau pun video pra wedding. Serta para siswa atau mahasiswa yang hendak berfoto kelas.

2. Dalam membangun usaha tersebut saudara tentu harus memiliki target-target yang ingin dicapat. Uraikan target sasaran bisnis yang harus Saudara lakukan agar bisnis Saudara tersebut berhasil dan jelaskan masing-masing target tersebut!
Jawab:
Untuk target jangka pendek. Pertama-tama saya akan join berdua dengan teman saya. Karena ia memiliki keahlian dan jam terbang di masalah poto dan video. Juga memiliki keahlian dalam hal editing. Untuk tempat saya kira akan memilih wilayah sekitaran Dago. Karena letak yang strategis dan banyak dilewati. Untuk perlengkapan penyewaan kami akan menyediakan 2 jenis  merek kamera D-SLR, yang merupakan merek-merek yang paling banyak digunakan, yaitu Nikon dan Canon. Tentunya memerlukan tenaga kerja khusus untuk jasa penyewaan, service, serta photo studio, juga penjualan kamera.
Untuk sasaran jangka menengah, tentunya kami harus mengembangkannya seperti membuka cabang di tempat lain, kemudian evaluasi hasil dari pelayanan-pelayanan kepada konsumen.
Untuk jangka panjang, kami merancang system online, dimana kami melayani penjualan, kemudian bisa melihat kamera apa saja yang akan disewa serta bisa ngeboking via online, juga pelanggan bisa memberikan saran melalui website tersebut. Kedepannya kami akan terus mengembangkan keahlian tenaga karyawan, misalnya di bagian editing, akan lebih dikembangkan lagi di bidang-bidang animasi dan membuat studio musik untuk kebutuhan backsound. Juga untuk kedepannya kami akan membuka tempat kursus.

3. Dalam menjalankan usaha tersebut, jelaskan proses manajemen yang akan Saudara terapkan di perusahaan Saudara!
Jawab:
Hal pertama yang akan saya lakukan sesuai dengan proses manajemen adalah perencanaan, dimana semuanya harus dipersiapkan dengan matang, baik modal, tempat dan lain-lain. Kedua pengorganisasian, yaitu memanajemen tenaga kerja yang ada. Ketiga pengarahan, yaitu mengarahkan kearah mana perusahaan kita akan berjalan. Dan keempat pengawan, atau control pada perusahaan kita yang sedang berjalan agar selalu sesuai dengan harapan.

4. Terkait dengan perusahaan yang Saudara dirikan tersebut, jelaskan Visi, Misi dan Tujuan perusahaan Saudara!
Jawab:
Visi, Misi dan tujuan perusahaan kami adalah untuk menjadi sebuah perusahaan video dan poto project yang berkualitas, serta memasarkan barang dagang juga jasa yang berkualitas pula.

5. Manager apa saja yang akan saudara tempatkan di perusahaan Saudara? Jelaskan!
Jawab:
Tentunya system manager yang akan dipakai adalah manajer lini pertama. Karena system manajer ini keunggulannya adalah bisa berinteraksi langsung dengan karyawan. Sehingga komunikasi mudah dilakukan.

6. Dalam menjalankan roda organisasi tentu Saudara akan menempatkan SDM yang memiliki keterampilan sesuai  yang Saudara harapkan. Jelaskan jenis-jenis keterampilan yang Saudara ketahui! Keterampilan mana yang akan saudara gunakan di perusahaan Saudara? Mengapa?
Jawab:
Yang jelas diperlukan muka-muka yang ramah, sabar serta mampu berkomunikasi atau melayani pelanggan dengan baik. Selain itu diharapkan mempunyai kemampuan serta mengerti sedikit akan kamera. Sehingga saya perlu memberikan pelatihan terlebih dahulu.

7. UNIKOM memiliki budaya organisasi, yaitu PIWIE atau Profesionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellent. Apa budaya organisasi perusahaan saudara? Jelaskan arti setiap kata pada budaya organisasi Saudara tersebut!
Jawab:
Untuk membudayakan kita pertama-tama akan menerapkan 3S, senyum, salam dan sapa. Sehingga akan selalu terkesan ramah di hati para pelanggan. Selain itu akan membiasakan budaya di siplin.

8. Sebagai seorang calon pemimpin bangsa tentu Saudara harus membangun pribadi yang tidak hanya menjadi yang Baik saja tetapi harus menjadi pribadi yang Hebat. Jelaskan kiat-kiat bagaimana Saudara membangun jati diri menjadi Pribadi yang Hebat tersebut!
Jawab:
Yang jelas, saya mempunyai persepsi bukan kita yang bekerja untuk uang, namunbiarkan uang bekerja untuk kita. Oleh karena itu kita harus berjiwa optimis agar kita bisa melihat peluang-peluang usaha agar kitadapat menciptakan peluang usaha sendiri.

9. Untuk menjadi Entrepreneur maka kita harus berjiwa kreatif dan inovatif. Jelaskan apa yang menjadi ciri-ciri orang kreatif! Kendala apa yang sering menghambat daya kreasi seorang? Bagaimana proses pemecahan kreatif?
Jawab:
Kendala yang biasa dihadapi orang untuk berjiwa kreatif dan inovatif dalam menciptakan usaha adalah modal atau uang. Sehingga kita harus jeli melihat peluang usaha, sehingga kita akan semangat dan memutar otak untuk berani meminjam modal atau mencari modal.

10. Kemukakan berbagai model bisnis yang dapat kita bangun serta jelaskan keuntungan dan kerugian bila membuka bisnis tersebut!
Jawab:

Model Usaha
Keuntungan
Kerugian
Ekaspor





Kontrak turn-key





Lisensi









Waralaba





Usaha patungan








Cabang perusahaan yang dikuasai secara penuh
Kemampuan untuk merealisasikan lokasi dan mengalami ekonomi kurva



Kemampuan untuk menghasilkan imbal balik dari keahlian-keahlian proses teknologi di Negara-negara dimana FDI dibatasi

Rendahnya biaya dan risiko pengembangan








Rendahnya biaya dan risiko pengembangan




·         Akses pengetahuan dari mitra local
·         Berbagi biaya dan risiko pengembangan
·         Diterima secara politis




·         Perlindungan atas teknologi
·         Kemampuan utuk terlibat dalam koordinasi strategis glonal
·         Kemampuan untuk merealisasikan lokasi dan mengalami ekonomi kurva
·      Biaya transportasi tinggi
·      Halangan-halangan untuk masuk
·      Masalah-masalah dengan agen pemasaran local

·      Menciptakan para pesaing yang efesien
·      Kurangnya kehadiran pasar jangka panjang


·      Kurangnya control atas teknologi
·      Ketidak mampuan untuk terlibat dalam koordinasi strategi global
·      Ketidak mampuan untuk meraalisasikan lokasi dan mengalami ekonomi kurva

·      Kurangnya control atas kualitas
·      Ketidak mampuan untuk terlibat dalam koordinasi


·      Kurangnya control atas teknologi
·      Ketidak mampuan untuk terlibat dalam koordinasi strategis global
·      Ketidak mampuan untuk merealisasikan lokasi dan mengalami ekonomi kurva

·      Biaya dan risiko tinggi

0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 5 Lengkap"