Tugas Entrepreneur Bab 3 Lengkap

1. Pada Gambar 3.1 terlihat bahwa dari tahun 2011 hingga 2013 terjadi penurunan presentase pada industri pengolahan dan terjadi peningkatan pada presentase industri jasa. Jelaskan mengapa hal ini terjadi dan beri contoh apa saja yang termasuk pada kedua industry tersebut.
Jawab:
Karena pada masa seperti sekarang-sekarang ini siklus barang dan jasa memiliki daru hidup yang pendek, tidak lagi bicara tahun bahkan dapat diukur dengan hitungan bulan, hari bahkan jam. Karena konsumen menginginkan barang bermutu, murah, gampang didapat, cepat pengirimannya dan purna jualnya baik. Sehingga presentase industry pengolahan mengalami penurunan karena kalah bersaing dengan perusahaan jasa yang pelayanannya lebih cepat dibanding dengan industry pengolahan. Yang menjadi kendala juga, susahnya bersaing dengan harga barang impor yang lebih murah, sedangkan bahan baku di negeri ini harganya terus meningkat.
Contoh yaitu perusahaan industri pengolahan rumahan tahu dan tempe. Mereka mau tidak mau untuk meningkatkan harga jual produknya karena bahan baku produknya terus naik yang berdampak pada laba atau hasil penjualan barang tersebut.
Sedangkan industry jasa seperti Laundry, omset mereka terus meningkat karena pelayanannya yang lebih cepat serta akses yang begitu mudah, selain itu mereka juga menggunakan setrategi antar jemput sehingga konsumen merasa nyaman, selain itu harga yang ditawarkan pun terjangkau.
2. Apa yang dimaksud dengan faktor 5M? Beri contoh masing-masing disertai aplikasinya di lapangan.
Jawab:
Faktor 5M merupakan faktor produksi, diantaranya:
a. Man (sumber daya manusia), contohnya yaitu orang yang Saudara rasakan tepat untuk menjabat suatu jabatan yang ada di perusahaan kamu. Aplikasinya yaitu pertama dengan melihat keahliannya atau dibidang apa dia bersekolah.
b. Money (Modal), contohnya Saudara akan membuka suatu perusahaan yang pertama-tama harus membeli peralatan, peralatan tersebut dibeli dengan modal atau uang. Aplikasinya Saudara membutuhkan computer untuk memulai usaha tersebut, Komputer tersebut anda beli dengan modal perusahaan anda.
c. Machine (Mesin), contohnya Saudara akan membeli alat atau mesin yang dibutuhkan untuk perusahaan Saudara. Aplikasinya saya akan membuka perusahaan penyewaan kamera dan perlengkapannya, maka saya harus membeli kamera dan perlengkapannya.
d. Material (bahan baku), contohnya adalah Saudara akan memulai usaha saudara di bidang kuliner, maka saudara perlu membeli bahan-bahan seperti beras dan lain-lain. Aplikasinya misalkan saya akan membuka usaha toko kue, maka saya harus memberli bahan baku dari kue yang akan saya produksi.
e. Managerial (pengelolaan). Contohnya Saudara akan memulai usaha, saudara harus melakukan perancangan terlebih dahulu. Misalnya saya akan membuka penyewaan kamera dan peralatannya, maka saya harus dapat mengelola tenaga kerja, modal, asset perusahaan, bahan dan lain-lain, agar perusahaan dapat berjalan dengan baik serta terus maju dan terarah.

3. Jelaskan bagaimana kemudahan memasuki industri pada berbagai persaingan usaha? Mengapa?
Jawab:
Untuk memasuki dunia industri  begitu mudah, karena diatur oleh pemerintah. Kemudahan juga terjadi karena dalam satu industry hanya terdapat sedikit penjual yang dikarenakan untuk memasuki dunia industry tersebut butuh investasi yang besar. Persaingan monopolistic pada industry relative mudah, dimana industry lebih mudah untuk masuk atau keluar dari pasar tersebut.

4. Apa saja yang Saudara ketahui tentang lingkungan bisnis? Berikan contoh masing-masing dan jelaskan!
Jawab:
Ada beberapa faktor lingkungan bisnis, sebagai berikut:
a. Lingkungan Ekonomi. Contohnya produk domestic di Indonesia, standar hidup di Indonesia, produktivitas di Indonesia, jumlah output di Indonesia dan pengangguran di Indonesia. Lingkungan ekonomi adalah situasi ekonomi di saat aktivitas bisnis berlangsung. Situasi ini terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas ekonomi.
b. Lingkungan Teknologi. Contohnya persaingan Intel dan AMD (Advance Micro Device) di bidang mikroprosesor (komponen pengolahan mikro computer) menunjukan contoh pengaruh lingkungan teknologi atas produk yang dibuat. Baik Intel maupun AMD terus berlomba melakukan inovasi teknologi untuk menjadi yang terbaik di bidang mokroprosesor. Lingkungan teknologi meliputi teknologi produk (manufaktur) dan jasa serta teknologi bisnis, adalah pengetahuan manusia, peralatan, metoda kerja, system pengolahan, peralatan elekronika, peralatan komunikasi, perangkat keras maupun perangkat lunak yang digunakan.
c. Lingkungan Hukum-Politik. Contohnya Undang-undang tentang perlindungan konsumen, hukum bisnis, pajak, regulasi bisnis, antritrus dan pengaruh pemerintah atas suatu aktivitas bisnis menjadi bagian dari proses bisnis. Lingkungan hukum dan politik berperan dalam membuat aturan bisnis tentang apa yang tidak boleh dan boleh dilakukan dalam bisnis.
d. Kemudahan Berbisnis & Perizinan. Contohnya kenijakan politik di Indonesia berupa desentralisasi kekuasaan menyebabkan tiap daerah membuat aturan daerah masing-masing sehingga ada daerah yang mudah memperoleh izin usaha dan ada juga daerah yang sulit mengeluarkan izin usaha. Kemudahan berbisnis dan perizinan adalah kemudahan untuk mendirikan usaha dan bangungan dalam prosesnya.
e. Jangka waktu Perjanjian. Contohnya adalah PT Freeport dari Amerika yang mempunyai kontrak atau jangka waktu perjanjian untuk terus mengeruk sumber daya alam di papua. Jangka waktu perjanjian adalah kontrak waktu yang sudah disepakati.
f. Liberalisasi Usaha. Contohnya peraturan pemerintah No. 29 Tahun 1999 yang mengizinkan kepemilikan asing di bank domestic hingga 99%. Liberalisasi usaha adalah kebijakan pemerintah yang berpotensi merugikan pengusaha nasional.
g. Investasi & Kepemilikan Asing.  Contohnya investasi di Indonesia terus meningkat dan tiga lembaga pemerangkat internasional menempatkan Indonesia sebagai Negara layak investasi (investment grade). Nilai investasi di Indonesia pada tahun 2013 mencapai Rp 198,6 triliun. Investasi dan kepemilikan asing adalah hak berinvestasi atau membeli sebagian hak kepemilikan perusahaan.
h. Korupsi & KPK. Contohnya Indonesia merupakan Negara dengan tingkat korupsi yang tinggi, pada tahun 20113 Presiden SBY mengeluarkan 176 izin pemeriksaan korupsi kepada kpk. Korupsi adalah menggelapkan uang rakyat. Kpk adalah komisi pemberantasan korupsi tersebut.
i. Lingkungan Sosial-Buadaya. Contohnya masyarakat Padang senang dengan masakan pedas dan berlemak sementara masyarakat Sunda lebih suka makanan tidak pedas dan sayuran mentah, sehingga jika akan mendirikan usaha kuliner di Bandung atau di Pandang jangan salah jual. Lingkungan social-budaya adalah terkait denganadat-istiadat, kebiasaan, nilai dan karakteristik demografis masyarakat di lokasi tempat usaha berada.

5. Pada Gambar 3.4 jelaskan besarnya produk domestic bruto Indonesia dibangdingkan dengan Negara industry maju lainnya. Jelaskan juga bagaimana kapasitas ekonomi Indonesia dii tahun 2013 dibandingkan dengan pada tahun 2010.
Jawab:
Pada tahun 2013 tidak terjadi banyak perubahan dari tahun 2010. Pada tahun 2013 pun kapasitas ekonomi Indonesia menunjukkan kita berada pada peringkat 7 perekonomian dunia dengan 135 juta penduduk kelas konsumen, 71% penduduk tinggal di perkotaan dan member 86% sumbangan terhadap PDB.

6. Apa yang dimaksud dengan inflasi? Hingga Oktober 2013 berapa persen inflasi yang terjadi di Indonesia dan sektor apa saja penyebab inflasi terbesar serta sektor apa yang inflasinya terkecil? Inflasi akan menyebabkan biaya hidup menjadi meningkat. Sebutkan 5 kota-kota dengan biaya hidup tinggi akibat inflasi tersebut!
Jawab:
Inflasi adalah dimana terjadinya kenikan harga yang meluas di seluruh system ekonomi suatu Negara. Di Indonesia pada tahun 2013 Inflasi mencapai angka 8,38% dengan sektor makanan, minuman rokok dan tembakau sebagai penyumbang inflasi terbesar 35,71% diikuti oleh sektor transportasi, komunikasi & jasa keuangan sebesar 32,14% dan seterusnya. Realisasi inflasi melampaui target inflasi yang ditetapkan pemerintah sebesar 7%. 5 kota di Indonesia dengan tingkat Biaya hidup tertinggi: Perwekerto, Banjarmasin, Gorontalo, Semarang dan Bekasi.

7. Sebutkan indikator-indikator ekonomi makro dan jelaskan tiap bagian tersebut untuk kondisi RAPBN tahun 2011 dan 2012!
Jawab:
Indikator-indikator ekonomi antara lain:
a. Pertumbuhan ekonomi, kondisi APBN Tahun 2011 sebesar 6,4%. RAPBN Tahun 2012 sebesar 6,5% sampai 6,9%.
b. Inlasi, APBN Tahun 2011 sebesar 65,3%. RAPBN Tahun 2012 sebesar 3,5% sampai 5,5%.
c. Kurs (RP/dollar AS), APBN Tahun 2011 sebesar 9.250. RAPBN Tahun 2012 sebesar 9.000 sampai 9.300.
d. Sbl 3 bln, APBN Tahun 2011 sebesar 6,5%. RAPBN Tahun 2012 sebesar  -*%.
e. Harga minyak mentah (dolar AS/barrel), APBN Tahun 2011 sebesar 80. RAPBN Tahun 2012 sebesar 75 sampai 95.
f. Produksi minyak (ribu barrel/hari), APBN Tahun 2011 sebesar 970. RAPBN Tahun 2012 sebesar 950 sampai 970.

8. Apa yang dimaksud dengan kebijakan moneter? Bagaimana dampaknya terhadap perekonomian pabila kebijakan moneter diperketat?
Jawab:
Kebijakan moneter adalah kebijakan ekonomi pemerintah dalam pengendalian uang Negara melalui Bank Sentral, seperti menaikkan atau menurunkan suku bunga, demi merangsang perekonomian. Kebijakan moneter pemerintah adalah dengan cara menurunkan suku bunga. Dampak kebijakan moneter antara lain: angka inflasi turun, suku bunga bank naik, kredit turun, ekspor turun, impor naik, pertumbuhan ekonomi turun, investasi berkurang, harga saham dan obligasi turun, nilai tukar rupiah terapresiasi dan konsumsi masyarakat turun.

9. Apa saja indikator kemudahan dalam berbisnis? Bagaimana kondisi setiap indicator tersebut di tahun 2014 dibandingkan dengan tahun 2013? Pada survey terhadap 189 negara di Asia Timur dan Pasifik yang dilakukan tahun 2014, kemudahan berbisnis di Indonesia masuk pada peringkat berapa? Negara manakah yang paling mudah dalam regulasi bisnisnya? Sebutkan 5 kota di Indonesia yang paling mudah member ijin mendirikan usahan dan sebutkan juga 5 kota yang paling mudah dalam memperoleh IMB!
Jawab:
Indikator dalam kemudahan berbisnis antara lain: perlindungan investor, perdagangan lintas perbatasan, pelayanan kredit, perizinan kontruksi, pendaftaran property, pelayanan listrik, pembayaran pajak, mentagasi gagal bayar, pemenuhan kontrak dan memulai bisnis.
Di Asia dan Timur Pasifik peringkat kemudahan bisnis, Indonesia menduduki di peringkat 120. Negara singapura merupakan Negara yang paling mudah regulasinya dan menduduki peringkat pertama.
5 kota di Indonesia yang paling mudah member ijin mendurikan usaha adalah Yogyakarta, Palangkaraya, Surakarta, Semarang dan banda Aceh.

10. Apa saja kebijakan pemerintah kita yang mengarah ke Liberalisasi? Jelaskan!
Jawab:
Beberapa contoh kebijakan yang mengarah kepada liberalisasi. Misalkan dalam Energi, sejumlah pasal dalam UU Migas No. 22 Tahun 2001 yang dinilai bertentangan dengan Pasal 33 UUD 1945. Di bidang pangan: Privatisasi Bulog berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2003, Kebijakan impor pangan yang “zero” tariff (beras, kedelai, jagung), dan Izin masuk beras transzenic. Di bidang keuangan: Peraturan pemerintah tahun 1999 No. 29 yang mengizinkan kepemilikan asing di bank domestic hingga 99%, dan surat keputusan diteksi PT Bursa Efek Indonesia No. Kep-00399/BEI/11-2-12 perihal Perubahan Peraturan No. II-A tentang Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas yang mengatur perubahan jam perdagangan sektor.
Bidang Investasi: Keppres No. 96 tahun 2000 tentang Bidang Usaha yang tertutup dan bidang usaha yang terbuka dengan persyaratan tertentu bagi penanam modal. 11 sektor bidang usaha yang tertutup bagi kepemilikan asing juga berkurang, dari 9 sektor menjadi 8 sektor.
Bidang keuangan: Keterlibatan dalam sejumlah perjanjian kerjasama yang mengarah penghapusan hambatan tariff, seperti ASEAN FTA (AFTA), kerjasama AFTA-Jepang, AFTA-India, AFTA-Cina, AFTA-Korea dan AFTA Australia-Selandia baru.

11. Indonesia menurut pemeringkat Internasional termasuk Negara Layak Investasi. Hingga tahun 2013 berapa nilai Investasi asing di Indonesia? Sektor apa saja di Indonesia yang diminati investor asing? Berapa realisasi jumlah proyek asing di Indonesia pada tahun 2013? Jelaskan besarnya penguasaan asing di sejumlah sektor di tanah air! Jelaskan produk-produk Agroindo yang dikuasai asing serta nilai saham yang mereka miliki!
Jawab:
Nilai Investasi di Indonesia pada Tahun 2013 mencapat angka Rp 398.6 Triliun. Sektor yang diminati investor antara lain komunikasi, mineral, otomotif, perdagan dan retail, costumer goods serta pariwisata. Jumlah realisasi proyek di Indonesia mencapai 4.579. Besarnya perusahaan asing di perbankan mencapai 50,6%, tambang migas mencapat 70%, batubara 75%, tembaga & emas 85%. Bidang telekomunikasi proveder telkomsel 35%, XL 66,5%,  Indoest 65%, Hutchison 60% dan perkebunan kelapa sait mencapai 40%. Produk-produk Agroindustri yang dikuasai Asing adalah ABC (kecap/sirup/saus) sebesar 65%. The Sariwangi sebesar 100%. Kecap Bangi sebesar 100%. Taro sebesar 100%, Aqua sebesar 74%, Nyam-nyam sebesar 100%, Ades sebesar 100%. SGM sebesar 82% dan Dji Sam Soe sebesar 100%.

12. Transparansi Internasional menempatkan Indonesia pada peringkat 114 dari 178 negara terkait korupsi. Apa yang saudara ketahui tentang indeks persepsi korupsi Indonesia? Jelaskan! Jabatan public apa yang menempati 3 bersar pelaku korupsi di Indonesia? Institusi mana saja yang masuk 5 besar yang perlu diperbaiki mengingat tinggi kasus korupsinya? Apakah kinerja KPK memuaskan Saudara?
Jawab:
Indeks korupsi Indonesia mendudukiperingkat 114 pada tahun 2013. 3 jabatan pelaku korupsi terbesar adalah Eselon I, II dan II, kemudian Perusahaan Swasta dan terakhir Anggota DPR. 5 instuisi public yang masih tinggi tingkat korupsinya adalah kepolisian, bea cukai, kantor imigrasi, DLLAJR dan pemeran daerah kota. Kinerja KPK cukup memuaskan karena telah banyak mengungkap kasus-kasus korupsi, hanya kinerjanya mungkin harus lebih ditingkatkan kembali.

13. Sebagai kandidat Entrepreneur, apa kiat Saudara dalam mengoptimalkan potensi sumber daya alam kita bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia?
Jawab:
Indonesia yang kaya dengan sumber daya ala mini merupakan peluang bisnis yang sangat berpotensi dan bermanfaat. Potensi daerah dan keuntungan  komparatif sumber daya alam seperti di papua saja, yang kaya akan mineral, bubuk kertas dan kertas, serta masih banyak di daerah-daerah lainnya. Selain itu jika kita mengangkat kuliner serta budaya-budaya di Indonesia itu akan menjadi nilai jual yang sangat tinggi bagi dunia pariwisata kita.

14. Mengapa UMK di setiap kota di Jawa Barat tidak sama? Kota mana yang UMK-nya terbesar dan terkecil? Bagaimana UMP rata-rata setiap tahun di Indonesia? sebutkan 3 negara dengan upah minimum tertinggi di dunia dan 3 negara dengan upah minimum terendah di dunia! Bagaimana dengan upah di Indonesia dibandingkan dengan upah di Negara-negara lain?
Jawab:
Karena setiap pemerindah daerah kota memiliki peraturan yang disepakati dengan perusahaan-perusahaan untuk menentukan UMR kota tersebut. Kota di Jawa Barat yang UMK-nya terbesar adalah kota Bekasi, sedangkan yang terkecil adalah kabupaten Cianjur. Penetapan UMP di Indonesia meningkat setiap tahun. Akan tetapi buruh tidak pernah puas karena dinilai belum memenuhi harapannya. Upah tertinggi di 3 negara adalah Australia, Luksemburg dan Monako, sedangkan yang terendah adalah Uganda, Sierra Leone dan Kuba. Dibandingkan dengan degara lain, Indonesia masih tergolong ke dalam upah rendah. Namun pemerintah terus berupaya untuk meningktkannya.

15. Industri kreatif mana yang saudara minati? Mengapa? Sektor ekonomi kreatif mana yang nilai ekspornya terbesar dan terkecil di tahun 2013? Bagaimana tren ekspor ekonomi kreatif terhadap total ekspor Indonesia dari tahun 2010 hingga 2013? Bagaimana pula kontibusi ekonomi kreatif terhadap PDB Indonesia dari tahun 2010 hingga 2013? Mana sektor kreatif yang nilai pertumbuhannya tertinggi?
Jawab:
Industri yang saya minati adalah film, video dan fotografi. Karena periklanan, spanduk, video companya, video profile dan banyak lainnya, tentunya semua itu memerlukan jasa-jasa video dan fotografi.
Sektor ekonomi kreatif yang terbesar nilai ekspor adalah fesyen, yang terkecil adalah pasar barang seni.
Tren ekspor ekonomi kreatif cukup membantu nilai total ekspor ditambah dengan industri non kreatif. Kemudian jumlah pendapatan ekonomi kreatif dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Kontribusi ekonomi kreatif pada tahun 2013 nilai kontrubusinya semakin meningkat. Ekspor pada tahun 2010 sebesar 96.703.034,8 juta rupiah dan terus meningkat di tahun 2013 saja sebesar 118.968.031,8 juta rupiah.
Nilai sektor Industri kreatif terbesar dari tahun ketahun adalah dari Fesyen.

16. Sebutkan 3 produk ekspor nonmigas Indonesia terbesar dan sebutkan pula 3 produk impor nonmigas di Indonesia terbesar. Untuk tahun 2012 dan 2013, ekspor Indonesia apakah yang terkecil dan yang terbesar? Apa impor 5 komoditas pangan utama Indonesia yang terbesar di tahun 2013? Jelaskan!
Jawab:
3 produk ekspor nonmigas terbesar dari Indonesia secara global antara lain: Bahan bakar mineral, lemak dan minyak hewan/nabati, karet dan barang dari karet.
3 barang impor terbesar Indonesia secara global antara lain: Masin dan peralatan mekanik, mesin dan peralatan listrik, terakhir besi dan baja.
Pada tahun 2012 dan 2013 ekspor Indonesia adalah dari sektor Industri, sedangkan yang terendah adalah dari sektor pertanian.
Pada tahun 2015 Impor komoditas ke Indonesia yang terbbesar adalah: Gula, kedelai, jagung, beras dan bawang merah.

17. Bagaimana kualitas manusia Indonesia dibangdingkan dengan Negara ASEAN lainnya? Di Provinsi apa saja demokrasi dan kesejahteraan penduduknya di atas rata-rata? Tiga pulau mana saja yang nilai indeks pembangunan manusia Indonesia tertinggi?
Jawab:
Indonesia masih tertinggal dari sisi peringkat indeks pembangunan manusia (IPM), Indonesia berada pada peringkat ke 121 yang masih tertinggal dibandingkan dengan Filipina yang berada pada peringkat 114.
Provinsi yang demokrasi dan kesejah teraannya di atas rata-rata adalah Jawa Tengah dan Sulawesi Utara.
3 pulaudi Indonesia yang indek IMP nya tinggi adalah Jawa, Bali dan Kalimantan.

18. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang Indeks Kebahagiaan? Meliputi faktor apa saja survey bori pusat statistic terkait indeks kebahagiaan tersebut? Apakah saudara setuju dengan criteria kebahagiaan yang ditetapkan oleh BPS tersebut? Jelaskan!
Jawab:
Indeks kebahagiaan merupakan indeks komposit yang diukur secara tertimbang.
Terdapat 10 faktor domain kehidupan yang esensial, antara lain: pekerjaan, pendapatan rumah tangga, kondisi rumah dan asset, pendidikan, kesehatan, keharmonisan keluarga, hubungan social, ketersediaan waktu luang, kondisi lingkungan dan kondisi keamanan.
Tentunya saya setuju, karena aspek-aspek tersebut adalah termasuk kebutuhan manusia pada naluri dasar dan psikologi.

19. Sektor mana saja yang mendukung peningkatan daya saing Indonesia di tahun 2013 hingga menempati peringkat 38 dari 148 negara? Apa keunggulan komparatif Indonesia yang dapat meningkatkan keunggulan kompetetif kita?
Tingkat daya saing Indonesia ditopang oleh 10 sektor, yaitu: isntitusi, insfrastruktur, pendidikan tinggi dan pelatihan, efesiensi pasar tenaga kerja, pengembangan pasar keuangan, kesiapan teknologi, ukuran pasar, kecanggihan bisnis (business sophistication) dan inovasi.
Keunggulan komparatif Indonesia di bidang minyak dan gas, batu bara dan hutan, serta langkah pemerintah untuk memperkuat hilirisasi produk harus terus di dorong supaya nilai tambah produk semakin meningkat sehingga dapat meningkatkan keunggulan kempetatif Indonesia di regional ASEAN.

20. International Comparison Program menempatkan Indonesia sebagai peringkat 10 ekonomi terbesar dunia tahun 2014. Apa yang menjadi dasar penetapan peringkat tersebut? Negara mana yang menempati peringkat 1, 2 dan 3? Sikap apa yang perlu kita bangun terkait dengan peringkat terseut?
Jawab:
Karena Negara dengan PDB tertinggi bukan berarti bukan berarti terkaya karena kekayaan diukur dari pendapatan per kapita, yakni PDB dibagi jumlah penduduk. Sebagai contoh, harga satu hamburger di Indonesia RP 17.000 atau 1,5 dolar AS, sementara di AS seharga 2,5 dolar AS. Yang berarti kekuatan daya beli uang 1,5 dolar setara dengan 2,5 dolar AS di AS.
Negara yang menempati peringkat 1,2 dan 3 adalah: Tiongkok, Amerika Serikat dan India.
Indonesia perlu menyikapi dengan membangun modal manusia menciptakan iklim yang kondusif untuk tumbuhnya ekonomi yang kuat, sehat dan berdaya saing tinggi dengan mengatasi distorsi dan penyakit kronis ekonomi seperti pengangguran, kemiskinan, korupsi dan disparitas tinggi.

21. Pada sektor manakah belanja pemerintah pusat terbesar? Apa yang Saudara ketahui tentang cadangan devisa Indonesia pada tahun 2012 dan 2013? Jelaskan! Apa yang sangat membebani anggaran belanja pemerintah pusat? Bagaimana cara mengatasi hal tersebut menurut saudara? Jelaskan?
Jawab:
Hingga tahun 2014 subsidi BBM dan listrik menyedot dana terbesar, yakni mencapai angka Rp 336,2 triliun atau 27,3% dari belanja pemerintah.
Devisa adalah cadangan tabungan milik suatu Negara, semakin besar devisa yang dimiliki suatu Negara, maka semakin besar pula ketahanan Negara tersebut dari gejolak ekonomi yang mungkin terjadi.
Cara mengatasi  hal tersebut antara lain dengan mengurangi jumlah subsidi yang dikeluarkan. Kemudian pemerintah harus bersikap trasparan serta mampu menyampaikan informasi tersebut secara baik kepada rakyat. Untuk perusahaan besar yang memerlukan bbm atau listrik, tidak diberikan subsidi, demi menstabilkan APBN Negara dan juga devisa.







0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 3 Lengkap"