Pengertian dan Sejarah Litecoin


Litecoin
Litecoin disingkat dengan LTC merupakan salah satu cryptocurency yang juga sangat terkenal selain Bitcoin yang menggunakan teknologi peer-to-peer yang terdesentralisasi. Litecoin (LTC) adalah jenis cryptocurrency yang lebih sederhana dari Bitcoin. Kelebihannya dibandingkan Bitcoin adalah memiliki jarak antar blok yang lebih pendek yaitu hanya 2,5 menit (Bitcoin: 10 menit), sehingga mempunya kemampuan transaksi yang lebih cepat dari Bitcoin. Oleh karena itu Litecoin mampu menjadi peringkat lima besar cryptocurrency terpopuler di dunia. Penggunaan algorithmnya pun berbeda dimana Litecoin menggunakan scrypt, sedangkan Bitcoin menggunakan SHA2.

Litecoin dirilis pada tanggal 7 Oktober 2011 oleh Charles Lee, seorang mantan karyawan Google. Litecoins diciptakan oleh prosedur yang rumit yang disebut pertambangan. Jumlah total Litecoins yang akan diproduksi setelah pertambangan adalah 84 juta, yang berarti Litecoins memliki jumlah 4x lebih banyak dari Bitcoins. Tujuan yang telah ditetapkan semula menggunakan scrypt sehingga memungkinkan penambang untuk dapat menambang baik Bitcoin ataupun litecoin.

Litecoin mengalami beberapa pembaruan setiap peluncuran versinya, antara lain:
  • Litecoin versi 0.8.5.1; Dirilis pada bulan November 2013. Dalam peluncuran versi ini Litecoin melakukan perbaikan dengan menambah keamanan.
  • Litecoin versi 0.8.6.1; Dirilis pada awal bulan Desember 2013. Versi ini  menawarkan pengurangan biaya transaksi yang lebih rendah.
  • Litecoin versi 0.8.7.1; Dirilis pada bulan April 2014. Litecoin kembali meningkatkan keamanan Heartbleed.


Litecoin berada pada posisi nomor dua di industri mata uang digital jika dibandingkan dengan Bitcoin. Sehingga mengakibatkan nasibnya akan terikat dengan Bitcoin. Misalnya, ketika Bitcon mengalami kenaikan harga, maka hal yang sama akan terjadi pada Litecoin. Jika terjadi sebaliknya, harga Bitcoin mengalami penurunan, maka begitu pula hal yang akan terjadi dengan Litecoin. Sehingga dapat disimpulkan, meskipun Litecoin memiliki kemampuan dan kelebihan dalam hal transaksi yang lebih cepat dibandingkan Bitcoin, tetapi tetap saja harga atau nilai jual dari Litcoin tetap ditentukan oleh harga Bitcoin dipasaran.



Jika anda berminat dengan Litecoin atau pun Bitcoin anda dapat mendapatkannya di sini Bitcoin.co.id

Sumber:
http://gatisbitcoin.blogspot.co.id/2016/05/apa-itu-litecoin.html 
http://demitcrew14.blogspot.co.id/2017/01/pengertian-dan-sejarah-litecoin-perbedaan-litecoin-bitcoin-bursa-perdagangan-litecoin.html
https://blog.bitcoin.co.id/litecoin/
https://id.wikipedia.org/wiki/Litecoin

0 Response to "Pengertian dan Sejarah Litecoin"