BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Pada era teknologi komunikasi digital seperti sekarang ini,
kehadiran berbagai inovasi produk teknologi informasi dan komunikasi membuat
model-model baru dalam kegiatan berkomunikasi. Kehadiran berbagai produk media
sosial mulai mengaburkan batas-batas antara komunikasi massa dan personal.
Proses komunikasi pada media sosial tidak terdapat adanya konteks kelembagaan.
Hal ini yang mempengaruhi kondisi apakah pesan yang disampaikan memiliki nilai
moral berupa tanggung jawab oleh pengirim atau komunikator pesan.
Internet
adalah suatu alat komunikasi dari teknologi komunikasi sekarang ini yang sangat
banyak digemari orang saat ini. Baik itu anak sekolahan, mahasiswa, pegawai
kantoran dan masih banyak lagi. Banyak hal yang bisa didapatkan dari internet
ini. Apa saja yang kita perlukan dapat dicari pada situs-situs yang ada pada
internet. Segalah bentuk komunikasi dapat ditemukan disini. Dalam dunia
internet sendiri kita dapat mendapatkan banyak komunikasi baik dunia pendidikan,
hiburan, olaraga, berita-berita terkini baik dalam negeri maupun dunia luar.
Semua bisa didapat disini, sangat lengkap dan berfariasi. Dengan adanya
internet membuat dunia ini bagaikan dunia tanpa batas. Karena banyak hal kita
dapat lakukan dalam dunia komunikasi yang satu ini. Kita dapat berhubungan
dengan semua orang diberbagai belahan dunia. Dengan kemudahan yang semakin
canggi selalu mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.
Internet
membuat kemudahan bagi kita untuk melakukan komunukasi, apa lagi dengan adanya
fitur-fitur pada internet seperti google yang bisa membantuh kita dalam
pencarian informasi dan data-data yang sedang kita butuhkan. Bukan saja itu
terdapat juga fitur facebook yang lagi ramai digunakan orang untuk memberikan
berbagai macam komunikasi. Dengan adanya layanan ini maka maka kita dapat
berhubungan dengan orang-orang, serta kerabat kita baik dalam negeri maupun yng
diluar negeri tanpa mengenal batas ruang dan waktu.
Tidak sedikit orang yang menggunakan Facebook
di Indonesia. Berdasarkan data Kominfo April 2012, setidaknya tercatat
sebanyak 44,6 juta pengguna Facebook di Indonesia.
Namun system komunikasi yang
berjalan pada Facebook belum
sempurna, Situs ini secara perlahan membuka diri kepada setiap orang yang
berusia minimal 13 tahun. Namun berdasarkan survei Consumer Reports bulan Mei
2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan
5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs
ini.Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk
mengurangi risiko privasi pengguna.Keterbukaan informasi, membuat pola penyebaran
informasi berubah, dimana produsen informasi yang tidak terlembagakan bebas
menyebarkan berbagai informasi tanpa melalui pintu gerbang media (gateway).
Akhirnya ada banyak informasi yang diterima oleh orang-orang, walaupun
informasi itu berupa konten sampah yang tidak penting sama sekali. Konten
sampah ini kemungkinan memiliki hubungan dengan dorongan (visi) retoris
sebagaimana disampaikan di atas, yang mencirikan bahwa seseorang cenderung
membebaskan dirinya untuk memberikan komentar, atau menyebarkan informasi tanpa
pernah memikirkan apakah informasi tersebut penting untuk diketahui oleh
khalayak atau tidak. Sehingga lahir Opini publik dari
konvergensimedia sosial ini
membentuk suatu gugusan opini yang khas. Seorang bebas memilih informasi mana
yang ingin dia konsumsi, walaupun secara tidak sadar ia mengkonsumsi
pesan-pesan tak bermutu yang tampil di hadapannya. Hal ini dapat menjadi cerminan
masyarakat karena dorongan untuk memilih dan menyampaikan idenya dipengaruhi
oleh motivasi dan cara berfikir seseorang.
Sehingga
terkadang ada pikiran-pikiran atau gagasan-gagasan yang menyatakan bahwa
internet dapat mendatangkan suatu dampak negative. Pada internet terdapat
situs-situs porno, internet itu adalah virus dan hal-hal negative lainnya. Pada
hal yang paling terpenting adalah bagaimana dari diri kita sendiri melihat
tentang hal tersebut.
Dari
keadaan tersebut, bagaimana cara kita menggunakan sarana komunikasi ini sebagai
sesuatu yang bermanfaat, dan berguna bagi kita dan masyarakat luas. Karena kita
harus bersyukur dengan hadirnya internet kita dapat melakukan berbagai hal
dalam alat komunikasi yang satu ini, dan berbagai macam hal-hal mudah yang
dapat kita lakukan. Internet telah mengubahkan dunia ini, dengan adanya
internet menjadikan dunia ini bagaikan duni tanpa batas. Gunakan internet
sebagai sarana alat komunikasi yang dapat membatuh kita untuk hal-hal yang
posotif dan berguna.
Diperlukan
adanya suatu perbaikan pada system yang sedang berjalan dan sosialisasi kepada
pada orang tua dan para pengguna sehingga mempunyai pemahaman yang baik serta
penggunaan internet yang baik dan secara tepat.
Berdasarkan penjelasan di atas,
maka peneliti bermaksud untuk mengambil judul “Dampak Media Sosial Facebook Terhadap Proses Komunikasi” dengan
tema “Dampak Intenet”
1.2
Identifikasi
masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
yang telah peneliti uraikan, maka peneliti mengidentifikasikan masalah Dampak
Media Sosial Facebook Terhadap Proses Komunikasi, sebagai berikut:
1. Sejauh
mana dampak Internet terhadap proses komunikasi?
2. Sejauh
mana dampak media sosial terhadap proses komunikasi?
3. Sejauh
mana dampak facebook terhadap proses komunikasi?
1.3
Maksud
dan Tujuan Penelitian
1.3.1
Maksud
penelitian
Maksud
dari penelitian ini adalah untuk membangun pemahaman masyarakat mengenai dampak
perkembangan teknologi komunikasi khusunya internet serta media social yang
banyak digunakan masyarakat Indonesia, agar masyarak Indonesia dapat
memanfaatkan media ini dengan positif.
1.3.2
Tujuan
Penelitian
Adapu
tujuan Peneliti melakukan penelitian ini adalah?
1. Sejauh
mana dampak Internet terhadap proses komunikasi?
2. Sejauh
mana dampak media sosial terhadap proses komunikasi?
3. Sejauh
mana dampak facebook terhadap proses komunikasi?
1.4
Kegunaan
Penelitian
Pada
penelitian ini Penelitimengharapkan manfaat yang maksimal, walaupun
dolaksanakan dengan kemampuan yang terbatas, sehingga penyajian jauh dari
kesempurnaan. Adapun kegunaannya sebagai berikut:
1.4.1 Kegunaan Teoritis
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap para pengguna
facebook tentang dampak dari internet serta media social itu sendiri yang
berguna untuk memberikan pengertian dan pemahaman lebih lanjut dari kelebihan
dan kekurangan perkembangan teknologi komunikasi
1.4.2 Kegunaan Praktis
1. Bagi
Peneliti
Penelitian ini dilakukan untuk menambah
pengetahuan dan pemahaman bagi Peneliti mengenai kemajuan dan perkembangan
teknologi komunikasi pada masa sekarang dan yang akan dating khususnya mengenai
dampak internet, sehingga teori yang diterima dapat dikembangkan dan
dipraktikan secara nyata.
2. Bagi
Peneliti Lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan sumbangan pemikiran kepada peneliti lain atau para akademis yang
akan mengambil skripsi atau tugas akhir dalam kajian yang sama sekaligus
sebagai referensi di dalam penulisan
3. Bagi
Pengembangan Ilmu
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi
pembanding antara ilmu manajemen (teori) dengan keadaan yang terjadi langsung
di lapangan (praktek). Sehingga dengan perbandingan tersebut akan lebih
memajukan ilmu Perkembangan Teknologi Komunikasi yang sudah ada untuk
ditahapkan pada dunia nyata dan dapat menguntungkan berbagai
pihak.
Pembahasan Tema
Dampak Internet
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi,
gagasan emosi untuk mencapai sesuatu bersama atau pertukaran pesan agar
tercapai pemahaman yang sama tentang pandangan, gagasan dan pengalaman.
Komunikasi itu bersifat timbal balik, bersifat simbolik, dan komunikasi itu
mengenal konteks orang, tempat dan waktu. Tanpa komunikasi maka manusia tidak
dapat melakukan apa-apa. Karena komunikasi adalah alat yang sangat penting dan
sangat diperlukan untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi
sangat penting dan diperlukan dalam segala bidang kehidupan. Mulai dari
masyarakat yang terkecil hingga terbesar memerlukan komunikasi. Dalam
komunikasi tedapat Proses penyampaian pesan dari seseorang (pengirim) kepada
orang lain (penerima) dengan maksud menerima umpan balik. Manfaat dari
komunikasi sendiria dalah membantu pertumbuhan kepribadian yang sehat, membantu
memenuhi kebutuhan hidup, mengembangkan hubungan interpersonal. Begitupula
dalam dunia internet komunikasi sangat diperlukan.
Pengertian internet adalah diartikan jaringan computer
luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya
dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh
dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi fasilitas
layanan internet Browsing. Secara gampangnya internet itua dalah gabungan dari
jaringan-jaringan computer dalam sekala luas dan besar dimana masing-masing
computer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya
menggunakan sebuah bahasa jaringan.
Internet adalah suatu alat komunikasi yang sangat
banyak digemari orang saat ini. Baik itu anak sekolahan, mahasiswa, pegawai
kantoran dan masih banyak lagi.Banyak hal yang bisa didapat kandari internet
ini.Apa saja yang kita perlukan dapat dicari pada situs-situs yang ada pada
internet. Segala bentuk komunikasi dapat ditemukan disini. Dalam dunia internet
sendiri kita dapat mendapatkan banyak komunikasi baik dunia pendidikan,
hiburan, olaraga, berita-berita terkini baik dalam negeri maupun dunia luar.
Semua bisa didapat disini, sangat lengkap dan berfariasi. Dengan adanya
internet membuat dunia ini bagaikan dunia tanpa batas. Karena banyak hal kita
dapat lakukan dalam dunia komunikasi yang satu ini. Kita dapat berhubungan
dengan semua orang diberbagai belahan dunia. Dengan kemudahan yang semakin
canggi selalu mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.
Internet membuat kemudahan bagi kita untuk melakukan
komunukasi, apa lagi dengan adanya fitur-fitur pada internet seperti google
yang bisa membantuh kita dalam pencarian informasi dan data-data yang sedang
kita butuhkan. Bukan saja itu terdapat juga fitur facebook yang lagi ramai
digunakan orang untuk memberikan berbagai macam komunikasi. Dengan adanya
layanan ini maka maka kita dapat berhubungan dengan orang-orang, serta kerabat
kita baik dalam negeri maupun yng diluar negeri, bukan saja itu terdapat juga
Elektronik mail (E-mail) Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat dengan
orajng lain, tanpa mengenal batas waktu, ruang bahkan birokrasi. Searching
yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Catting
fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain
di internet.pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap
atau ngobrol di internet. world wide web (WWW) dengan world wide web(WWW) ini
anda dapat mengambil, memformat dan menampilkan informasi (termasuk teks
,audio, grafik dan video) dengan menggunakan hypertekxt links. Mailing list
Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan
E-mail. mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi, pendapat dan lain
sebagainya. Newsgroup Fasilitad ini digunakan untuk berkoferensi jarak jauh
,sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet.
Bukan saja itu, Download Adalah proses mengambil file
dari computer lain melalui internet ke komputer kita. Upload Adalah proses
meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internet. File
transfer protocol (FTP) Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan
arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu computer ke
computer lain di internet .beberapa di internet telah tersedia file atau
document yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis. Telnet
fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja
pada system komputer lain. Ghoper Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan
informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan
anda dapat mengambil informasi tersebut. Dan masih banyak lagi fitur-fitur pada
internet yang setiap saat akan selalu memberikan informasi-informasi yang
terbaru kepada kita pada saat kita membutuhkan informasi tersebut. Dengan
demikian maka untuk hal berkomunikasi dapat kita lakukan secara mudah dan cepat
dengan menggunakan fasilitas tercanggi yang terdapat pada jaringan internet
sendiri.
Tapi terkadang ada pikiran-pikiran atau
gagasan-gagasan yang menyatakan bahwa internet dapat mendatangkan suatu dampak
negative. Pada internet terdapat situs-situs porno, internet itu adalah virus
dan hal-hal negative lainnya. Padahal yang paling terpenting adalah bagaimana
dari diri kita sendiri melihat tentang hal tersebut. Bagaimana cara kita
menggunakan sarana komunikasi ini sebagai sesuatu yang bermanfaat, dan berguna
bagi kita dan masyarakat luas. Karena kita harus bersyukur dengan hadirnya
internet kita dapat melakukan berbagai hal dalam alat komunikasi yang satuini,
dan berbagai macam hal-hal mudah yang dapat kita lakukan. Internet telah
mengubahkan dunia ini, dengan adanya internet menjadikan dunia ini bagaikan
duni tanpa batas. Gunakan internet sebagai sarana alat komunikasi yang dapat
membatuh kita untuk hal-hal yang posotif dan berguna.
PembahasanJudul
Dampak Media Sosial Facebook Terhadap Proses
Komunikasi
Perkembangan teknologi komunikasi tentu saja
memberikan konsekuensi terhadap proses komunikasi dan konsekuensi itu berupa
perubahan pola dan hubungan sosial di dalam masyarakat. Ciri utama media sosial
adalah media dirancang untuk menjangkau banyak orang.
Pada era teknologi komunikasi digital seperti sekarang
ini, kehadiran berbagai inovasi produk teknologi informasi dan komunikasi
membuat model-model baru dalam kegiatan berkomunikasi. Kehadiran berbagai
produk media sosial mulai mengaburkan batas-batas antara komunikasi massa dan
personal. Proses komunikasi pada media sosial tidak terdapat adanya konteks
kelembagaan. Hal ini yang mempengaruhi kondisi apakah pesan yang disampaikan
memiliki nilai moral berupa tanggung jawab oleh pengirim atau komunikator
pesan.
Media sosial merupakan tempat atau sarana untuk
menghubungkan manusia untuk berinteraksi dalam media sosial. Kemunculan
internet telah membawa dampak yang signifikan terhadap cara orang mengonsumsi
media. Tidak sedikit orang yang menggunakan internet, di Indonesia yang
memiliki penduduk 245 juta jiwa, pengguna internet sebanyak 55 juta orang (pada
tahun 2011). Angka ini menempatkan Indonesia berada pada urutan ketida pengguna
internet terbesar dunia.
Pemanfaatan media sosial dalam proses berkomunikasi
semakin populer, saat ini facebook dan twitter membintangi media sosial karena
jumlah penggunanya yang sangat banyak. Berdasarkan data Kominfo April 2012,
setidaknya tercatat sebanyak 44,6 juta pengguna Facebook dan sebanyak 19,5 juta
pengguna Twitter di Indonesia.
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang
diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook,
Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna
aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus
mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat
membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar
pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan
yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi,
atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti
"Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman
sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew
McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.[8] Keanggotaan situs web ini
awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan
lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan
membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa
sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13
tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5
juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya
di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari
periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan
spanduk, dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan
Microsoft. Menurut comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet,
Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan
Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!. Tahun 2010, tim keamanan Facebook
mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pengguna.[ Pada 6
November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha
gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara "apa yang
dibeli teman".
Facebook umumnya memiliki tingkat klik (CTR) yang
lebih rendah untuk iklan dari pada situs-situs web besar lainnya. Untuk iklan
spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook jika dibandingkan
dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna
Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya,
pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8%
dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satujuta pencarian),
sementarapengguna Facebook mengklikiklandengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu
(400 klik untuk setiap satujuta halaman).
Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring
Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka memiliki tingkat klik
serendah 0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun
dalam dua minggu. Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, jika
dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook tetapi masih
rendah dibandingkan dengan situs web lain. Penjelasan untuk tingkat klik
Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna Facebook lebih cerdas secara
teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk menyembunyikan
iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar dalam mengabaikan pesan iklan.
Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi isinya,
sementara di Facebook, pengguna menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan
teman dan perhatian mereka teralihkan dari iklan.
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan
melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding. Involver, sebuah
platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008 bahwa mereka berusaha
memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih tinggi dari tingkat
klik kampanye iklan Facebook) untuk klien pertamanya, Serena Software, yang
berusah amengubah 1,1 juta tampilan menja di 8,000 kunjungan kesitus mereka.
Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40% pengguna yang
melihat video tersebut menyaksikan keseluruhannya, sementara rata-rata industri
adalah 25% untuk iklan video spanduk.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan
Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut
jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly
menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasa warsa dengan komentar,
"Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang
tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum
Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta
pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April
2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski
begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulaiturun di sejumlah wilayah dengan
hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan
kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi
universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu
sama lain. Facebook memungkin kansetiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi
pengguna terdaftar di situs ini.
Hal ini telah menunjukkan bahwa sosial media merupakan
media pilihan yang digemari oleh publik saat ini. Bahkan, sudah banyak ponsel
yang menyediakan fitur-fitur yang terhubung dengan internet, sehingga siapapun
dapat mengakses sosial medianya dengan cepat dan mudah di manapun berada.
Selayaknya media massa, sosial media juga dapat menyebarkan informasi kepada
publik secara luas tanpa diketahui dengan berbagai informasi. Dampaknya,
informasi-informasi tersebut hanya mengalir begitu saja tanpa arti.
Menurut Dosen Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta, Gun Gun Heryanto, berkembang pesatnya facebook disebabkan konvergensi
tiga hal, teknologi komunikasi, trend lifestyle, dan fantasi atau visi retoris.
Dari situ kita bisa memahami, bahwa teknologi komunikasi itu hanyalah perangkat
teknis yang ‘mati’ walaupun mempengaruhi pemanfaatannya karena kodifikasi
program atau sekumpulan perintah yang membangunnya sebagai situs yang friendly
user. Lalu pada aspek lifestyle tentu saja merpuakan pengaruh yang kuat dari
luar (lingkungan), dimana kebutuhan untuk bereksistensi atau berafiliasi
menjadi semacam ‘mode’ yang menuntut seseorang agar tidak ketinggalan jaman.
Yang terakhiradalahpengaruh yang paling penting, tentusajafatasidanvisiretoris.
Keterbukaan keran informasi, membuat polapenyebaran
informasi berubah, dimana produsen informasi yang tidak terlembag akan bebas
menyebarkan berbagai informasi tanpa melalui pintu gerbang media (gateway).
Akhirnya ada banyak informasi yang diterima oleh orang-orang, walau pun
informasi itu berupa konten sampah yang tidak penting sama sekali. Konten
sampah ini kemungkinan memiliki hubungan dengan dorongan (visi) retoris
sebagaimana disampaikan di atas, yang mencirikan bahwa seseorang cenderung
membebaskan dirinya untuk memberikan komentar, atau menyebarkan informasi tanpa
pernah memikirkan apakah informasi tersebut penting untuk diketahui oleh
khalayak atau tidak.
Selanjutnya, perlu disadari kembali bahwa social media
memegangkendali yang cukup tinggi untuk mempengaruhi publik karena kekuatannya
yang sangat besar untuk mempengaruhi publik yang tidak bisadilakukan oleh
organisasi manapun.
Perkawinan antara keduanya menjadikan tekanan
informasi media semakin “dalam” dalam mempengaruhi publik. Tak heran bagaimana
media sosial digunakan dalam kampanye Barrack Obama yang memiliki peran
signifikan dalam usaha memenangkannya. Demikian pula yang terjadi pada kampanye
pasanganJokowi-Ahok yang memanfaatkan kekuatan media sosial seperti twitter
untuk mempengaruh iopini publik.
Opini publik yang lahir dari konvergensi media sosial
ini membentuk suatu gugusan opini yang khas. Seorang bebas memilih informasi
mana yang ingin dia konsumsi, walaupun secara tidak sadar ia mengkonsumsi
pesan-pesan tak bermutu yang tampil di hadapannya. Hal ini dapat menjadi
cerminan masyarakat karena dorongan untuk memilih dan menyampaikan idenya
dipengaruhi oleh motivasi dan cara berfikir seseorang.
0 Response to "Makalah Dampak Media Sosial Facebook Terhadap Proses Komunikasi"