DESKRIPSI KASUS
Dalam
tema yang kami bahas mengenai Cyber Humas. Disini Kami melihat dari sisi kehumasan
suatu perusahaan, apakah humas dalam perusahaan itu telah melakukan yang
seharusnya dilakukan. Seperti yang kita ketahui tidak semua perusahaan memberlakukan
dan memposisikan humasnya dengan sebagaimana kerja seorang humas seharusnya.
Karena ini bertemakan tentang cyber yang termasuk dalam dunia maya. Jadi kami
melihat masalah yang ada pada situs web Hotel Hilton Bandung. Dalam situs web
Hotel Hilton Bandung di alamat “www.hilton.com”
dapat dilihat bahwa perusahaan ini cukup bagus. Karena web di perlihara dengan baik,
sehingga informasi yang ditampilkan dalam web tersebut selalu berkembang (update) setiap hari mengenai informasi hotel.
Dari
hasil analisa yang kami dapatkan, situs web perusahaan ini lebih menonjol pada sisi
pemasarannya dengan lebih banyak ditampilkannya catalog beberapa harga-harga kamar
yang ditawarkan. Kami tidak menemukan sama sekali berita-berita mengenai kegiatan
hotel, hal ini menandakan bahwa perusahaan kurang memperhatikan kepentingan citra,
yang manacitraitusendiridapatdiperolehdaripengunjung website. Situs web ini tidak
memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya. Seperti menggunakan buku
tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenalkan para pengunjungnya untuk meninggalkan
komentar atas isi dari tulisan yang di publikasikan atau isi tulisan dari
website perusahaan tersebut. Dapat dikatakan situs web ini bersifat non
interaktif. Seharusnya citra itu menjadi masalah terpenting/utama bagi suatu perusahaan,
agar dapat memperoleh kepercayaan bagi pelanggan/pengguna hotel. Karena mengisi
web dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang sering diadakan hotel dapat menambah
atau menimbulkan citra positif bagi pengunjung website. Hotel Hilton Bandung
juga tidak ada kegiatan CSR, dimana kegiatan tersebut sangat berguna bagi kelangsungan
perusahaan.
Yang
sangat kami sayangkan adalah manfaat dari “web” itu sebenarnya sangat luas apalagi
bagicyber humas. Dimana humas dapat berperan
banyak untuk meningkatkan citra perusahaan. Oleh karenaitu, sangat sayang sekali
jika “web” suatu perusahaan hanya digunakan untuk promosi saja. Yang seharusnya
juga menambahkan kegiatan perhumasan di dalam web tersebut. Selain di dalamnya untuk
promosi, pada halaman web kita dapat memasukan dokumentasi kegiatan-kegiatan apasaja
yang bernilai positif serta dapat meningkatkan citra perusahaan, seperti kunjungan
suatu universitas kepada hotel bersangkutan.
BAB
I
Definisi Public Relations
Public Relations
adalah gabungan dari dua buah kata yaitu “
Public” dan “Relations. Public adalah salah satu kelompok dalam
masyarakat dimana didalam masyarakat yang sifatnya heterogen. Terdapat
sekelompok orang yang sifatnya homogen. Yang homogen inilah yang dapat
dikategorikan sebagai public. Kata public secara universal yaitu sekelompok
orang yang sama terhadap sesuatu hal.
Dalam bahasa
Indonesia kata “Relation” diterjemahkan sebagai “Hubungan” tetapi dalam kaitannya dengan PR. Relations yang
dimaksud adalah Jamak. Dari pengertian kata Relations bahwa hubungan yang
dilakukan dalam kegiatan PR adalah banyak. Dalam arti kata kegiatan PR pada
pelaksanaannyamelibatkan berbagai macam hubungan, tidak hanya dalam suatu macam
hubungan.
Definisi Public relations atau Humas
menurut para ahli
¶
Menurut British Institute of Public Relations
Public Relations activity is
management of communications between an organization and its public. Public
Relations practice is deliberate , planned , and sustain effort to establish
and maintain mutual understanding between an organization and its public.
¶
Menurut Frank Jeffkins adalah Public Relations consist of all forms of planned
communications , outward , between , an organizations and its public for the
purpose of achieving spesivic objectives concering mutual understanding.
(PR merupakan keseluruhan bentuk
komunikasi yang terencana,baik itu keluar maupun ke dalam, yakni antara suatu
organisasi dengan publiknya dalam rangka mencapai tujuan yang spesifik atas
dasar adanya saling pengertian).
¶
Menurut Cutlip,Center and Broom adalah PR is management function that
iderntities, establish, and maintains mutually beneficial relationship between
an organizations and the various publics on whom its success or failure
depends.
Definisi ini menjelaskan bahwa PR
adalah fungsi manajemen yang menyatakan, membentuk dan memelihara hubungan yang
saling menguntungkan antara organisasi dengan berbagai macam publik. Dimana hal
tersebut dapat menentukan sukses atau gagalnya organisasi.
¶
Menurut Grunig mengembangkan definisi tersebut menjadi manajemen komunikasi
antara organisasi.
¶
Menurut Lawrence W.Long dan Vincent Hazelton mengembangkan sebuah definisi baru
yang lebih modern dan memadai bahwa Public Relations adalah fungsi komunikasi
melalui adaptasi organisasi, mengubah atau membina hubungan dengan lingkungan
dengan tujuan bersama-sama mencapai tujuan organisasi. Pendekatan ini
menggambarkan bahwa Public Relations adalah lebih dari sekedar mempersuasi melainkan
juga membantu mengembangkan kondisi komunikasi terbuka, saling
pengertian/saling memahami dengan di dasari ide bahwa organisasi juga mau
berubah (dalam proses berprilaku dan bersikap) tidak hanya sebagai sasaran
khalayak saja.
Sejarah Perkembangan PR
Istilah PR
dikenal mulai abad ke-20, yaitu di Negara tempat kelahiran nya di AS, walaupun
gejalanya timbul ditandai dengan adanya hubungan seseorang dengan orang lain. Dalam
sejarahnya PR dilahirkan oleh perintis sekaligus pelopor yang kemudian diangkat
sebagai THE FATHER OF PUBLIC RELATIONS yaitu IVY LEDBETTER LEE. Yang ditahun
1906 berhasil menanggulangi kelumpuhan industri batu bara di AS dengan sukses.
Disamping Ivy masih ada beberapa tokoh pelopor PR seperti :
1. Paul Garret
2. T.J Ross
3. Erick Johnson
4. Arthur W Page
5. Carl Byois
6. Verne Bernett
Tugas Seorang Public Relations adalah :
Menyelenggarakan
dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan , tulisan ,
melalui gambar kepada publik. Memonitor , merekam dan mengevaluasi tanggapan
serta pendapat umum atau masyarakat. Memperbaiki dan menjaga citra organisasi.
Tanggung jawab social. Komunikasi , PR mempunyai bentuk komunikasi yang khusus
yaitu komunikasi timbale balik.
Pengertian E-PR (Cyber PR)
Public Relations
yang menggunakan media internet disebut juga E-PR atau Inisiatif PR. Inisiatif
PR ini di Indonesia lebih dikenal dengan Cyber PR. E dalam E-PR adalah mengacu
pada media elektronik internet (co : E-mail, E-Commerce). Bagi perusahaan
membangun hubungan antara bisnis di suatu perusahaan dan public audience
merupakan hal yang sangat penting , dan internet mampu melakukan nya Ribuan One
to One Relations dapat dibangun secara simultan secara Interaktif.
Beberapa Peristilahan dalam dunia
E-PR :
- Banners ads yaitu sejenis iklan kecil yang ditempatkan di situs web
- Cost per click(CpC) yaitu biaya yang dikenakan kepada si pengiklan setiap kali seorang pengunjung mengklik iklan banner mereka.
- CPM (Cost Per Thousand) yaitu menghitung biaya iklan banner jika suatu situs web menjual ruang iklan yang didasarkan atas impression.
- CyberMall yaitu kumpulan took maya yang dikumpulkan dalam satu situs mall online, disebut juga internet shopping mall.
- Cybernout yaitu orang yang ber’selancar’ di dunia maya.
- Hits yaitu berapa kali pengunjung mengakses ke suatu situs web atau file atau objek yang ada di situs web.
- Unsolicited Email yaitu mengirim email promosi ke sekelompok orang secara random dan tanpa dasar persetujuan. Sama dengan spamming.
- Viral marketing yaitu gaya publisitas dari mulut ke mulut .
- Impressions / Page views yaitu apabila iklan banner dilihat.jika seseorang mengunjungi suatu halaman web enam kali dan melihat iklan berarti akan menghasilkan enam impressions.
Internet
Internet berasal
dari kata Interconnection Networking , Inter kependekkan dari International,
Connection berarti hubungan dan Networking adalah Jaringan. Sehingga internet
merupakan system komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan komputer
di seluruh dunia. Berbagai jenis computer dengan spesifikasi yang berbeda-beda
dapat saling berkomunikasi melalui internet. Beberapa bentuk jaringan yang
berbeda-beda dapat saling bertukar informasi dan data melalui internet
menggunakan seperangkat aturan yang disebut protocol TCP/IP (Transmission
Control Protocol/Internet Protocol).
Untuk membedakan
setiap computer atau jaringan yang terhubung ke internet maka digunakan sebuah
identitas tertentu yang disebut alamat IP (IP Address). Alamat IP merupakan
kombimasi angka-angka yang menunjukkan identitas sebuah computer atau jaringan
di Internet. Contoh alamat IP adalah : 203.130.232.140.
Beberapa hal yang bisa dipahami PR
melalui penggunaan internet:
- PR harus menyadari bahwa khalayak /public dapat mengakses Press Release yang dikirim melalui internet atau server dengan kata-kata yang mudah dipahami.
- Public dapat mengakses Press Release dalam home page yang ada di world wide web.
- PR dapat membuat mailing list dari publiknya.
Keuntungan PR menggunakan internet
:
- Informasi cepat sampai pada public
- Bagi PR, internet dapat berfungsi sebagai iklan , media , alat marketing sarana penyebaran informasi dan promosi.
- Siapapun dapat mengakses internet.
- Tidak terbatas ruang dan waktu.
- Internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung.
Kegiatan PR
dengan internet akan sangat mendukung kegiatan offline PR untuk menghasilkan ‘3R’ bagi perusahaan yaitu :
- Relations
- Reputasi
- Relevansi
Pemanfaatan
internet harus all out didunia fisik identitas perusahaan , karakter-karakter
nya , reputasi nya dapat dilihat langsung oleh siapapun mulai dari pelanggan ,
competitor , investor , wartawan , dan bahkan competitor bisnis. Pengalamatan
di internet, Fasilitas dan layanan internet adalah :
1. hyper text transfer protocol
(http)
2. file transfer protocol (ttp)
3. gopher
4. telnet
5. usenet
6. volc
7. IRC
8. WAP
9. shareware
10. freeware
11. e-mail
Koneksi Internet
Hal-hal yang di perlukan :
1. memiliki hardware yang memenuhi
syarat untuk koneksi ke internet.
2. berlangganan dengan ISP sebagai
badan jasa layanan internet.
3. memiliki software aplikasi untuk
internet.
Cara koneksi ke internet dapat dilakukan
dengan :
1. penyedia layanan internet (ISP)
2. gateway
3. leased line
4. dial up
Protokol TCP/IP
Dengan adanya
TCP/IP (transmission control protocol) memungkinkan semua sistem yang terhubung
ke dalam nya bias berkomunikasi dengan sistem yang lain nya. Istilah dalam
internet protocol : Host Internet Node Router
Fasilitas yang disediakan Internet, antara
lain :
- Browsing/Surfing, yaitu kegiatan ber ‘selancar’ di internet. Searching yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di ineternet.
- E-mail, kita dapat saling berkirim surat secara elektronik.
- Mailing list, merupakan salah satu fasilitas untuk berdiskusi melalui e-mail dan dapat bertukar surat atau pesan.
- Chatting, yaitu kegiatan berkomunikasi dengan orang lain di internet.
- Download, adalah proses mengambil file dari computer lain menlalui internet ke computer kita.
- Upload, yaitu proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internet.
Pengenalan E-Commerce
Electronik
Commerce secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau
jasa yang berhubungan erat dengan konsumen,manufaktur,ISP dan pedagang
perantara dengan menggunakan media elektronik.dalam hal ini media elektronik
utama dengan menggunakan Internet.
Konsep E-Commerce
E-Commerce memiliki 5 (lima) konsep
dasar yaitu :
- Automation
Otomasi bisnis
proses sebagai pengganti proses manual (konsep “enterprise resource planning”).
- Streaming / integrations
Proses yang
terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “just in time”)
- Publishing
Kemudahan
berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasayang diperdagangkan (konsep “electronic cataloging”)
- Interactions
Pertukaran
informasi / data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error (
konsep “electronic data interchange”)
- Transaction
Kesepakatan dua
pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi
pembayar (konsep “electronic
payments”). http://ravieka.wordpress.com/
BAB III
Kesimpulan
Cyber Humas pada perusahaan Hotel
Hilton sudah dianggap dengan dengan pemeliharaannya. Namun stratrgi PR atau CSR
nya belum diterapkan, karena pada halaman “web” tidak terdapat dokumentasi
kegiatan hotel serta buku tamu dan kolom komentar tidak tersedia, sehingga
halaman web dianggap kurang interaktif.
Saran
Pada “web” ditambahkan
dokumentasi-dokumentasi kegiatan PR atau CSR, seperti kegiatan-kegiatan social
yang dilakukan perusahaan
Pada “web” ditambahkan buku tamu
dan kolom komentar atas isi tulisan yang dipublikasikan agar terjadi interaksi.
0 Response to "Makalah Cyber Humas Hotel Hilton Bandung"