DAMPAK
POSITIF DAN NEGATIF MEDIA INTERNET
1.Dampak
Positif
Internet
adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di
seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung
satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel
maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan
berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan
dukungan software dan hardware yang dibutuhkan.
Untuk
bergabung dalam jaringan ini, satu pihak (dalam hal ini provider) harus
memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data
yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet. Pihak yang
telah tergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri (bagaikan
nomor telepon) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah
yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer (PC) untuk
menjadi pelanggan atau pun untuk mengakses internet. Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi
internet juga semakin maju.
‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat
menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer
lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis
komputer itu sendiri. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan
dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini
terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan
mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs
itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi
dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan
dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.
Dampak
Positif:
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi
internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email,
newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan
internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang
penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga
manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang
pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain .
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan
Dampak Negatif
1. Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
1. Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak
ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas,
maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’
situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3. Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun.
Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak
mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada
penyedia informasi tersebut.
4. Carding Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara
belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan
dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan
kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu
mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan
mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data
yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian.
Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus
untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini,
karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan
dari pengunjungnya.
6. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih
suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to
face).
7. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan
perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
8. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di
internet (kejahatan juga ikut berkembang).
9. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang
menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani
kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara
mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada
batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun
bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MEDIA KOMPUTER
|
Teknologi media komunikasi memang memberi kemudahan
dalam hidup kita. Kita tidak perlu lagi membuang waktu, biaya dan tenaga yang
besar hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dimanapun mereka berada. Akan
tetapi, setiap hal atau benda pasti memiliki nilai positif dan negatifnya.
Dibalik semua keuntungan yang kita dapat dari teknologi media komunikasi
seperti komputer, tentu saja ada dampak negatif yang timbul dari penggunaannya.
Melalui media komputer, seseorang dapat mengakses berbagai
sarana seperti program office, design, movie, games, dan internet. Begitu
dahsyatnya kelebihan, kemudahan, dan kesenangan yang ditawarkan oleh
sarana-sarana tersebut, ternyata dapat menimbulkan berbagai dampak negatif
dalam penggunaan komputer. Diantaranya adalah dampak sosial dan dampak bagi
kesehatan. Berikut adalah uraiannya:
I. DAMPAK SOSIAL DAN PSIKOLOGIS
1. Addiction
|
Dampak
negatif lainnya adalah addiction atau
ketergantungan. Media komputer
memiliki kualitas atraktif yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan
oleh penggunanya. Terlalu atraktifnya media tersebut, membuat penggunanya
seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman dan tidak
mau melepaskannya. Ketika kita berada di hadapan komputer yang tidak tersambung
internet kita bisa melakukan apa saja seperti curhat dengan menuliskannya di
microsoft word, menumpahkan kemampuan dan bakat menggambar atau design kita di
program paint atau photoshop, apabila sedang dilanda stress, kita bisa
menggunakan komputer sebagai pelepas stress dengan bermain games yang ada.
SOLUSI:
Addiction dapat ditanggulangi atau diminimalisasikan
dengan adanya bantuan dari lingkungan dan orang-orang sekitar kita, yang dapat
menyadarkan pengguna addict tersebut dengan menawarkan kegiatan lain yang lebih
menarik dari pada yang ditawarkan oleh komputer. Serta memberikan motivasi
untuk memperbanyak kegiatan di luar rumah (menyibukkan diri) seperti olahraga,
traveling, bersosialisasi dengan teman, maka akan lebih sedikit waktu yang
dihabiskan di depan komputer.
2. Violence
and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan pada
komputer. Karena segi isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik
situs menggunakan berbagai macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah
satunya dengan menampilkan hal-hal yang menunjukan kekejaman dan kesadisan.
Studi eksperimental menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara bermain
permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya
permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan. Bahkan
ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa games
yang di mainkan di komputer memiliki sifat menghancurkan yang lebih besar
dibandingkan kekerasan yang ada di televisi ataupun kekerasan dalam kehidupan
nyata sekalipun. Hal ini terjadi terutama pada anak-anak. Mereka akan memiliki
kekurangan sensitivitas terhadap sesamanya, memicu munculnya perilaku-perilaku
agresif dan sadistis pada diri anak, dan bisa mengakibatkan dorongan kepada anak
untuk bertindak kriminal seperti yang dilihatnya (meniru adegan kekerasan).
SOLUSI:
Dampak negatif tersebut dapat diminimalisasi dengan adanya
peran serta dari orang tua. Pertama-tama, orangtualah yang seharusnya
mengenalkan computer dan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan
computer dan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan
penggunaannya. Selanjutnya orang tua harus dapat mengontrol dan memantau sejauh
mana penggunaan komputer dan internet pada anak-anaknya. Seperti memasang software
yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents
lock yang dapat memproteksi anak dengan
mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan. Mengatur peletakkan
komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan
di dalam kamar anak. Memberikan batasan waktu dan jadwal dalam penggunaan
komputer. Sehingga anak akan cenderung lebih disiplin dan bertanggung jawab
dalam menggunakan komputer dan internet.
3. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan
pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Begitu
banyak situs-situs pornografi yang ada di internet, meresahkan banyak pihak
terutama kalangan orang tua yang khawatir anak-anaknya akan mengonsumsi hal-hal
yang bersifat porno. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi yang bisa
mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Ironisnya,
ada situs-situs yang memang menjadikan anak-anak sebagai target khalayaknya.
Mereka berusaha untuk membuat situs yang kemungkinan besar memiliki keterkaitan
dengan anak-anak dan sering mereka jelajahi. Situs perusahaan kartun Amerika
Walt-Disney adalah salah satu situs yang sering dikunjungi anak-anak
yaitu disney.com. Maka para pencipta
situs porno pun berusaha membangun situs mereka terkait dengan situs tersebut.
Caranya adalah dengan membuat nama yang mirip dengan nama situs tersebut
yaitu dinsey.com. Ketidaktelitian
anak-anak pun dijadikan tameng mereka untuk memasarkan produk murahannya.
Terbalik saja menuliskan satu huruf dapat membuat anak-anak tersebut masuk ke
dalam situs porno yang tidak selayaknya mereka lihat dan konsumsi.
SOLUSI:
Solusi untuk meminimalisasi dampak negatif dari pornografi
tersebut tidak jauh berbeda dengan solusi untuk meminimalisasi dampak negatif
dari kekejaman dan kesadisan. Dalam hal ini, Pertama-tama, orangtualah yang
seharusnya mengenalkan computer dan internet pada anak, bukan orang lain.
Mengenalkan computer dan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan
tujuan penggunaannya. Selanjutnya orang tua harus dapat mengontrol dan memantau
sejauh mana penggunaan komputer dan internet pada anak-anaknya. Seperti
memasang software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak.
Misalnya saja program nany chip atau parents
lock yang dapat memproteksi anak dengan
mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan. Mengatur peletakkan
komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan
di dalam kamar anak. Memberikan batasan waktu dan jadwal dalam penggunaan
komputer. Sehingga anak akan cenderung lebih disiplin dan bertanggung jawab
dalam menggunakan komputer dan internet.
4. Antisocial
Behavior
Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan dari
penyalahgunaan komputer adalah antisocial behavior. Dimana pengguna komputer tersebut
tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan
komputer. Selain itu, pengguna komputer tersebut tidak peduli lagi apa yang
terjadi disekitarnya, satu-satunya yang dapat menarik perhatiannya
hanyalah komputer saja. Orang akan menjadi
lebih jarang berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga kemampuan
interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal. Hasil
penelitain Stonford Institution for The Quantitative of Society menyimpulkan
bahwa semakin sering seseorang menggunakan internet, maka semakin kurang
kontaknya dengan lingkungan sekitar (dalam Suara Pembaharuan, 2/9/2001). Lama kelamaan, seseorang akan sulit menjalin
komunikasi dan membangun relasi dengan orang-orang disekitarnya. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan
menumbulkan dampak yang sangat buruk, yang dimana manusia lama kelamaan akan
sangat individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi.
SOLUSI:
antisocial behavior dapat ditanggulangi atau diminimalisasikan dengan
menciptakan kesadaran dari diri sendiri akan dampak buruk dari antisocial behavior dan mulai memperbanyak kegiatan di luar rumah dengan
keuarga atau teman-teman, seperti olahraga bersama, traveling, hang out bersama
teman, dll. Dengan begitu seseorang akan merasakan bahwa sosialisasi dengan
sesamanya merupakan suatu kebutuhannya selain kebutuhannya akan komputer.
II. DAMPAK BAGI
KESEHATAN
1. RSI
(Repetitive Strain Injury)
|
RSI
(Repetitive Strain Injury) atau istilah
lainnya repetitive stress injury, adalah cedera atau kerusakan yang terjadi pada otot
atau jaringan syaraf tubuh lainnya karena melakukan sesuatu secara
berulang-ulang dan berlangsung selama bertahun-tahun. Sehingga
hal ini menyebabkan nyeri pada otot-otot dan jaringan syaraf yang terkait, dan
dalam waktu lama, dapat menyebabkan cacat. Faktor penyebab
RSI yang paling umum adalah penggunaan keyboard dan mouse
komputer selama berjam-jam atau bekerja didepan komputer yang tidak tertata
dengan benar.
SOLUSI:
- Menghentikan Pekerjaan. Hentikan yang sedang Anda kerjakan begitu Anda
merasa sakit, karena kebanyakan penderita RSI sebetulnya menyadari ketika
mereka mulai merasa sakit.
- Posisi tangan. Jangan sampai pergelangan tangan terbebani
dengan berat tangan Anda. Sudah harus mengetik, masih dibebani
lagi dengan beban tambahan.
- Posisi tubuh ideal.
Lutut kaki membentuk posisi 90 derajat, punggung tersandar di sandaran
kursi, tangan tertopang sampai siku, monitor berada di ketinggian yang
sama dengan mata Anda.
- Olahraga.
Ini dapat sangat membantu Anda. Tidak berarti Anda harus ikut fitness,
cukup berdiri dan berjalan-jalan sedikit sambil melemaskan pergelangan tangan,
- yang penting hanyalah bahwa Anda melakukannya secara rutin.
- Untuk mouse. Solusi paling
jitu untuk mengatasi rasa sakit karena menggunakan mouse adalah dengan
memanfaatkan tangan kanan dan kiri untuk menggunakan mouse. Memang akan
butuh waktu beberapa hari untuk membiasakannya.
- Untuk keyboard. Gunakan layout keyboard Dvorak yang bisa membantu
para penderita RSI karena layout tombol-tombolnya lebih nyaman diakses
daripada layout standar. Anda bisa merubah seting Windows/Linux agar bisa
meggunakan layout ini.
2. Berbagai nyeri dan gangguan
lainnya
|
Penelitian
yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa penggunaan komputer secara berlebihan
dapat mengakibatkan berbagai nyeri dan gangguan lainnya. Seperti menderita nyeri kepala, nyeri otot, dan tulang
terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah.
Selain itu, penggunaan komputer juga dapat mengakibatkan penyakit lain seperti
kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah, berair,
nyeri, dan bahkan ganguan penglihatan.
Posisi tubuh, posisi peralatan komputer, pencahayaan
ruangan, dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan, keselamtan, dan
kenyamanan saat berkerja dengan komputer.
SOLUSI:
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), adalah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian ketika bekerja dengan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan.
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), adalah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian ketika bekerja dengan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan.
Beberapa hal yang
bisa dilakukan untuk terhindar resiko bekerja dengan komputer adalah sebagai
berikut:
a. Aturlah posisi
tubuh saat berkerja dengan komputer sehingga merasa aman.
b. Aturlah posisi
perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman.
c. Jangan menahan
buang air kecil karena terlalu asyik berkerja dengan komputer.
d. Sesekali
gerakanlah badan untuk megurangi ketegangan otot dan pikiran.
e. Sesekali alihkan
pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.
Mengatur
Posisi Tubuh
Posisi tubuh saat
berkerja dengan komputer sangat berpengaruh pada kesehatan. Berikut adalah
posisi tubuh yang tepat, ketika menggunakan komputer:
a) Posisi kepala dan
leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung kelayar monitor. Leher tidak
boleh membungkuk atau mengadah karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada
leher.
b) Posisi punggung
yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidak
miring ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu
miring ke belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik, seharusnya
ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman.
c) Posisi pundak
yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu
ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum
benar.
d) Posisi lengan
yang baik adalah apabila dapat mengetik dan menggunakan mouse yang nyaman.
Masing-masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Posisi lengan yang baik
adalah bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih
besar dari 90 derajat.
e) Posisi kaki pada
saat bekerja dengan komputer, kaki harus dapat diletakan di lantai atau
sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang
membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.
Bagian-bagian
dari teknologi informasi yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja
Monitor
Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar
(CRT) yang dapat menyebabkan intensitas cahaya yang dipancarkan oleh monitor
cukup tinggi untuk diterima oleh retina mata manusia. Oleh karena itu, bagian
dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari
kerusakan karena radiasi sinar cahaya dari computer. Untuk mengurangi keluhan
pada mata, ada beberapa layar monitor yang perlu diperhatikan.
a. Harus meletakan
monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan
cahaya dari sumber cahaya lain.
b. Letakanlah
monitor lebih rendah dari garis hoizontal mata, agar tidak mengadah atau
menunduk.
c. Aturlah cahaya
monitor agar tidak terlalu terang dan gelap
d. Sering-seringlah
mengedipkan mata untuk menjaga agar mata tidak kering.
e. Sesekali
memandang jauh ke luar ruangan.
CPU ( Central Processing Unit )
Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung
bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat
menyetrum manusia.
Kabel
Komputer
Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air,
karena dapat menyebabkan korsleting. Korsleting ini dapat mengakibatkan
hubungan arus listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.
Keyboard
Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah
satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang
yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam
waktu yang lama. Hal ini terutama apabila sedang bermain game.
3. Computer
Anxiety
Computer
anxiety adalah gejala-gejala yang menunjukkan ketakutan terhadap
media komunikasi bernama komputer. Gejala ini juga dikenal dengan sebutan cyberphobia atau computerphobia.
Gejala ini menimpa sepertiga populasi orang dewasa, diantaranya menderita kasus
parah seperti vertigo (sakit kepala yang berlebihan) dan berkeringat dingin.
Penyebab cyberphobia atau computerphobia
bervariasi mulai dari ketakutan akan menekan tombol yang salah pada komputer,
takut akan dampak negatif dari komputer itu sendiri, takut akan kesalahan
dirinya yang bisa mengakibatkan komputer rusak, hingga kehilangan kendali yang
biasanya dialami oleh para pengguna komputer yang tidak mengerti komputer
secara teknik ketika menghadapi masalah kompleks yang berhubungan dengan teknis
komputer. Sederhananya, bisa kita lihat pada diri kita sendiri yang suka
ketakutan untuk memasukkan flash disk
orang lain ke dalam komputer kita karena takut flash disk-nya
mengandung virus. Atau ketika komputer kita tiba-tiba hang atau tidak melaksanakan perintah seperti yang kita
arahkan maka kita akan panik terjadi apa-apa pada komputer kita.
Ketakutan-ketakutan semacam itu bila terus dibiarkan akan menumpuk dan
berakumulasi menjadi cyberphobia atau
computerphobia. Biasanya orang dengan
kemampuan matematika yang rendah sering sekali terkena cyberphobia atau computerphobia ini.
SOLUSI:
Solusi untuk
meminimalisasi dampak negatif tersebut, adalah dengan memperbanyak membaca
buku-buku terutama yang berkaitan dengan teknis komputer. Selain itu,
memperbanyak melakukan praktek secara langsung dalam aplikasi komputer, karena
dengan terbiasa menggunakan komputer, maka ketakutan-ketakutan akan masalah
yang sering terjadi pada saat menggunakan komputer akan teratasi atau dapat di
minimalisasi.
III. DAMPAK BAGI PENDIDIKAN
1. Malas belajar dan
mengerjakan tugas
Penggunaaan komputer
juga menimbulkan dampak negatif dalam dunia pendidikan. Seseorang terutama
anak-anak yang terbiasa menggunakan komputer, cenderung menjadi malas karena
mereka menjadi lebih tertarik untuk bermain komputer dari pada mengerjakan
tugas atau belajar. Dampak lainnya yaitu anak-anak mengalami kesulitan dalam
tulisan tangan, karena mereka menjadi lebih banyak berkutat dan lebih akrab
dengan mengetik daripada menulis tangan. Selain itu anak-anak juga menjadi
malas untuk menulis atau menggambar secara manual. Mereka lebih memilih untuk
mengambar dengan menggunakan komputer karena dengan menggunakan komputer sangat
mudah untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan, hanya dengan satu dua klik-an
saja, kita sudah dapat menggambar dan mewarnai dengan sempurna.
SOLUSI:
Solusi untuk
meminimalisasi dampak negatif tersebut yaitu dengan memaksimalkan peran serta
orang tua dalam memberikan perhatian, pengertian dan membimbing anak-anak dalam
belajar dan bermain. Sehingga bila anak-anak dirasa sudah berlebihan dalam
menggunakan komputer orang tua bisa segera membatasi dan mencegah terjadinya
ketergantungan.
2. Perubahan Tulisan Tangan
Dengan kemudahan dan
kepraktian yang diberikan oleh komputer, terutama dalam hal menuliskan suatu
text, membuat seseorang cenderung memilih untuk mengetik daripada harus menulis
secara manual. Akibatnya, lama kelamaan seseorang akan mengalami perubahan
tulisan, dari yang dulunya rapih, sampai akhirnya menjadi tulisan yang
berantakan dan sulit dibaca, Hal tersebut karena mereka tidak lagi terbiasa
untuk menulis secara manual.
SOLUSI:
Solusi untuk
meminimalisasi dampak negatif tersebut yaitu dengan menyeimbangkan antara
penggunaan tulisan manual dengan mengetik di komputer. Cobalah untuk tidak
hanya mengandalkan komputer untuk membuat suatu text, karena perlu disadari
bahwa tidak selamanya kita dapat mengandalkan teknologi. Teknologi hanyalah
seperangkat alat yang bisa saja tiba-tiba terjadi kerusakan ataupun error, yang
dimana pada saat itu kita tidak dapat lagi mengandalkannya, sehingga kita juga
harus dapat menyeimbangkan antara penggunaan secara manual dengan penggunaan
teknologi.
PERTANYAAN DAN JAWABAN
SESI
PERTAMA
1).Satria
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan
teknologi komunikasi ?
Jawab
:
Menurut kelompok kami,ada 3 faktor yang paling mempengaruhi
perkembangan teknologi komunikasi
1.Karena
adanya kebutuhan
Dikarenakan kemajuan zaman,makan teknologi pun
semakin maju,terutama di bidang teknologi komunikasi,orang-orang sekarang ingin
sesuatu yang simple dan cepat,sehingga mendorong berkembangnya teknologi
komunikasi,guna memenuhi kebutuhan orang-orang akan informasi.
2.Kemajuan
Zaman
Kita ketahui,zaman sekarang telah memasuki abad ke
21,yaitu zaman milenium ataupun zaman modern,sehingga kemajuan zaman inilah
yang mendorong terciptanya sesuatu yang baru ataupun pengembangan dari pada
teknologi terdahulu ke teknologi terkini,contohnya dari mesin tik kini menjadi
komputer.dengan berkembangnya zaman,maka kebutuhan teknologi komunikasi pun
semakin banyak digunakan,sehingga teknologi komunikasi pun akan semakin
berkembang.
3.Persaingan
bisnis
Dahulu hanya ada satu negara super power yang menjadi
kiblat dunia,yaitu Amerika.namun kini seiring dengan kemajuan zaman mulai
timbul negara yang akan menjadi super power selanjutnya,hal ini dikarenakan
pangsa pasar di bidang teknologi,contohnya jepang dan cina,negara maju ini kini
mulai merajai bidang teknologi
Contohnya: jepang dengan merk-merk dagang seperti
samsung,sony,toshiba dll menguasai pangsa pasar dibidang teknologi dan bersaing
dengan merk-merk terkenal amerika seperti
apple,blagberry dan HP.hal demikianlah yang membuat negara-negara maju
semakin intensif dalam pengembangan teknologi khususnya di bidang komunikasi
dikarenakan pangsa pasarnya yg menjanjikan.
2).Shelva yulistri
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan
1. RSI (Repetitive Strain Injury)
2. Berbagai nyeri dan gangguan
lainnya
3. Computer Anxiety
Jawab :
1) RSI (Repetitive Strain Injury) atau istilah lainnya repetitive stress injury, adalah cedera atau kerusakan yang
terjadi pada otot atau jaringan syaraf tubuh lainnya karena melakukan sesuatu
secara berulang-ulang dan berlangsung selama bertahun-tahun. Sehingga hal ini
menyebabkan nyeri pada otot-otot dan jaringan syaraf yang terkait, dan dalam
waktu lama, dapat menyebabkan cacat.
Faktor penyebab RSI yang paling umum adalah penggunaan
keyboard dan mouse komputer selama berjam-jam atau bekerja didepan komputer
yang tidak tertata dengan benar.
2) Berbagai nyeri dan gangguan
lainnya,Penelitian
yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa penggunaan komputer secara berlebihan
dapat mengakibatkan berbagai nyeri dan gangguan lainnya. Seperti menderita nyeri kepala, nyeri otot, dan tulang
terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah.
Selain itu, penggunaan komputer juga dapat mengakibatkan penyakit lain seperti
kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah, berair,
nyeri, dan bahkan ganguan penglihatan.
3) Computer anxiety adalah gejala-gejala yang menunjukkan ketakutan
terhadap media komunikasi bernama komputer. Gejala ini juga dikenal dengan
sebutan cyberphobia atau computerphobia. Gejala ini menimpa sepertiga populasi orang dewasa,
diantaranya menderita kasus parah seperti vertigo (sakit kepala yang
berlebihan) dan berkeringat dingin. Penyebab cyberphobia atau
computerphobia bervariasi mulai dari ketakutan akan menekan tombol
yang salah pada komputer, takut akan dampak negatif dari komputer itu sendiri,
takut akan kesalahan dirinya yang bisa mengakibatkan komputer rusak, hingga
kehilangan kendali yang biasanya dialami oleh para pengguna komputer yang tidak
mengerti komputer secara teknik ketika menghadapi masalah kompleks yang
berhubungan dengan teknis komputer. Sederhananya, bisa kita lihat pada diri
kita sendiri yang suka ketakutan untuk memasukkan flash disk
orang lain ke dalam komputer kita karena takut flash disk-nya
mengandung virus. Atau ketika komputer kita tiba-tiba hang atau tidak
melaksanakan perintah seperti yang kita arahkan maka kita akan panik terjadi
apa-apa pada komputer kita. Ketakutan-ketakutan semacam itu bila terus
dibiarkan akan menumpuk dan berakumulasi menjadi cyberphobia atau
computerphobia. Biasanya orang dengan kemampuan matematika yang
rendah sering sekali terkena cyberphobia
atau computerphobia ini.
3).Yolanda
Seberapa besar dampak perkembangan teknologi komunikasi
terhadap elemen-elemen komunikasi itu sendiri ?
Jawab
:
Dampaknya sangatlah besar,karena kita ketahui
sekarang ini,kebutuhan akan informasi sangat lah tinggi,maka dengan adanya
perkembangan teknologi komunikasi seperti sekaranng yang sudah maju,semakin
memudahkan untuk kita mendapatkan berita secara cepat dan mudah,selain itu
dengan kemajuan teknologi,para pewarta berita pun semakin mudah untuk
menyajikan berita yang hangat dan aktual.
SESI
KEDUA
1).
Firna firsa julia hakiki
Mengapa makalah kalian menitik berat kan kepada internet dan
komputer ?
Jawab
:
Hal itu dikarenakan kelompok kami menganggap bahwa
komputer dn internet sedang marak-maraknya dibahas dan digunakan oleh khalayak
ramai selain itu zaman yang modern ini erat kaitannya dengan era
komputerisasi,sehingga kami antusiah membahasnya lebih jauh lagi dalam makalah
kami ketimbang dengan teknologi komunikasi yang lainya seperti Handphone
ataupun televisi.
2).Sri
indah
Menurut kelompok kalian,media apakah yang paling efektif
dalam penyampaian informasi ?
Jawab
:
Menurut kelompok kami,madia komunikasi yang paling
efektif dalam penyampaian informasi adalah televisi,mengapa demikian..
dikarenakan,hampir semua orang,tempat umum bahkan ke pelosok
desa mulai dari masyarakat manengah kebawah hingga menengah keatas memiliki
televisi.sehingga akan lebih efektif sebuah informasi itu diterima oleh
khalayak rami,karena media penerimanya ada dimana-mana.
3).Erizal
wandi
Bagaiman cara mengurangi dampak radiasi terhadap mata pada
pengguna komputer?
Jawab
:
Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar
(CRT) yang dapat menyebabkan intensitas cahaya yang dipancarkan oleh monitor
cukup tinggi untuk diterima oleh retina mata manusia. Oleh karena itu, bagian
dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari
kerusakan karena radiasi sinar cahaya dari computer. Untuk mengurangi keluhan
pada mata, ada beberapa layar monitor yang perlu diperhatikan.
a. Harus meletakan
monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan
cahaya dari sumber cahaya lain.
b. Letakanlah
monitor lebih rendah dari garis hoizontal mata, agar tidak mengadah atau
menunduk.
c. Aturlah cahaya
monitor agar tidak terlalu terang dan gelap
d. Sering-seringlah
mengedipkan mata untuk menjaga agar mata tidak kering.
e. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan
SESI
KETIGA
1)Shinta sari
Mengapa perkembangan teknologi komunikasi tidak menjangkau
dari pada orang-pedalaman ataupun suku primitif ?
Jawab
:
Hal tersebut dikarenakan,letak geografis tempat
tinggal mereka yang jauh dari pada peradapan,sehingga fasilitas-fasilitas
pendukung untuk menggunakan teknolgi tersebut sangatlah susah.seperti jika
ingin menggunakan handphone harus mempunyai BTS,selain itu ada juga yang
memegang teguh kepada peradapan suku mereka sehingga tidak mau menggunakan
benda-benda asing dari luar daerah mereka,selain itu keterbatasan SDM mereka
juga mempengaruhi,tapi sesungguhnya pengaruh perkembanagan teknologi itu juga
dirasakan oleh mereka,namun secara tidak langsung,seperti apa yang dibahas pada
diskusi yang telah lalu.
2).Shelva
Yulistri
Jelaskan apa maksud dari pengaruh perkembangan teknologi di
bidang pendidikan yang dapat menyebabkan perubahan tulisan tangan?
Jawab:
Hal tersebut dikarenakan dengan kemudahan dan kepraktian
yang diberikan oleh komputer, terutama dalam hal menuliskan suatu text, membuat
seseorang cenderung memilih untuk mengetik daripada harus menulis secara
manual. Akibatnya, lama kelamaan seseorang akan mengalami perubahan tulisan,
dari yang dulunya rapih, sampai akhirnya menjadi tulisan yang berantakan dan
sulit dibaca, Hal tersebut karena mereka tidak lagi terbiasa untuk menulis
secara manual.
0 Response to "Makalah Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi"