1. Pembuatan sebuah produk harus memperhatikan 3 (tiga) aspek utama jelaskan mengenai hal tersebut dan apa manfaatnya baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen.
Jawab:
a. Manfaat pengguna. Produk harus dapat memuaskan konsumen, sehingga produk akan dicari yang alhasil akan menguntungkan perusahaan
b. Manfaat pisikologis. Harga atau Pricing harus mampu bersaing dengan competitor sehingga konsumen akan mempertimbangkan untuk membeli produk kita, sehingga prusahaan akan untung besar dan mampu bersaing.
c. Manfaat mengatasi masalah. Produk harus bervariasi atau bervarian, sehingga konsumen akan tertarik dan perushaan ikut teruntungkan.
2. Dalam merencanakan tawaran pasar, pentingnya memikirkan tingkatan produk, jelaskan tingkatan dalam tawaran pasar tersebut.
Jawab:
Dalam merencanakan tingkatan pasar, ada 4 aspek yang harus dipertimbangkan, yaitu Product, Pricing, Placement, and promotion. Pada dasarnya, beberapa bagian divisi dan bagian yang saling memberi komando dan bahkan mungkin level manajemen yang sama dapat saling memberikan perintah. Dalam iklan, iklan haruslah bersifat informative atau memperkenalkan produk. Dana promosi harus dianggarkan dalam jumlah besar pada tahap pengenalan dan secara bertahap diturunkan pada tahap-tahap berikutnya.
3. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi produk berdasarkan daya tahan dan wujudnya dan berikan contoh aplikasinya dalam IT.
Jawab:
Misalnya dalam masa sekarang ini handphone atau ponsel atau telepon genggam banyak diproduksi dengan berbagai aplikasi dan kelebihannya, jika kita kreatif maka kita akan menambahkan spesifikasi yang lebih unggul, aplikasi yang lebih canggih serta harga yang lebih akan dipertimbangkan.
4. Sebutkan dan jelaskan yang termasuk ke dalam barang konsumen dan berikan contoh aplikasinya dalam Teknologi Informasi.
Jawab:
Misalnya dalam masa sekarang ini handphone atau ponsel atau telepon genggam banyak diproduksi dengan berbagai aplikasi dan kelebihannya, jika kita kreatif maka kita akan menambahkan spesifikasi yang lebih unggul, aplikasi yang lebih canggih serta harga yang lebih akan dipertimbangkan.
5. Sebutkan dan jelaskan apa yang termasuk ke dalam barang industri dan berikan contoh aplikasinya dalam Teknologi Informasi.
Jawab:
Misalnya dalam masa sekarang ini handphone atau ponsel atau telepon genggam banyak diproduksi dengan berbagai aplikasi dan kelebihannya, jika kita kreatif maka kita akan menambahkan spesifikasi yang lebih unggul, aplikasi yang lebih canggih serta harga yang lebih akan dipertimbangkan.
6. Sebutkan dan jelaskan yang termasuk ke dalam bauran produk dan berikan contoh aplikasinya dalam Teknologi Informasi.
Jawab:
Misalnya dalam masa sekarang ini handphone atau ponsel atau telepon genggam banyak diproduksi dengan berbagai aplikasi dan kelebihannya, jika kita kreatif maka kita akan menambahkan spesifikasi yang lebih unggul, aplikasi yang lebih canggih serta harga yang lebih akan dipertimbangkan.
7. Jelaskan bagaimana saudara untuk dapat membuat produk baru yang lebih kompetetif dalam persaingan di pasar.
Jawab:
a. Gagasan produk. Mencari gagasan bagi produk-produk baru merupakan awal pengembangan suatu produ.
b. Menilai dan memilih Idea tau gagasan. Gagasan produk yang tidak berhubungan dengan tujuan atau kemampuan perusahaan disaring dan dihilangkan.
c. Pengujian konsep. Setelah gagasan disaring, dilakukan riset pasar untuk memperoleh input terhadap manfaat produk dan harganya.
d. Analisis bisnis. Mengumpulkan opini konsumen untuk mengetahui profibilitas minimum.
e. Pengembangan prototype. Dilakukan setelah potensi profitabilitas diketahui.
f. Test produk dan pemasaran. Melihat reaksi atau antusiasme konsumen.
g. Komersialisasi. Melakukan distribusi atau menyalurkan barang ke pasar.
8. Bagaimana caranya saudara menciptakan pasar baru bagi produk baru yang telah dihasilkan saudara tersebut.
Jawab:
a. Perkenalan. Tahap ini penting untuk mengenalkan produk ke konsumen.
b. Partumbuhan. Jika produk memuaskan konsumen, permintaan dan penjualan akan meningkat.
c. Dewasa. Tahap penjualan telah mencapai puncaknya dan perusahaan telah menghasilkan profit.
9. Saudara berikan beberapa contoh pasar baru yang bisa diciptakan berbasis Teknologi Informasi.
Jawab:
Contohnya seperti Samsung yang telah sukses bersaing dengan Apple di bidang teknologi Gaget atau telepon genggam. Mereka mampu bersaing karena fitur yang canggih serta harga yang ditawarkan lebih murah kepada konsumen.
10. Pembuatan produk harus memperhatikan kualitas, apa makna kualitas produk baik bagi perusahaan maupun bagi konsumen?
Jawab:
Kualitas merupakan ketahanan atau keawetan produk yang ditawarkan. Hal ini sangat penting, karena bagi konsumen mereka akan senang jika uang yang dikeluarkannya terasa tidak sia-sia karena barang yang mereka beli terbilang awet dan tahan banting.
11. Pembuatan produk harus memperhatikan Titik Impas produksi, mengapa manajemen perusahaan sangat berkepentingan terhadap Titik Impas tersebut?
Jawab:
Karena pada titik impas, dimana modal kembali namun perusahaan belum untuk. Karena disini uang yang kita gunakan sebagai modal, kembali utuh menjadi uang pribadi, selain itu uang atau modal yang kembalit ersebut dapat digunakan kembali untuk mengembangkan perusahaan.
12. Pada pemasaran produk manakah yang sebaiknya dipilih, mengejar omzet (kuantitas) penjualan, atau kah mengejar kualitas dibandingkan untuk mempertahankan pangsa pasar perusahaan?
Jawab:
Hal yang harus dipilih terutama adalah kualitas, karena hal tersebut sangat dipertimbangkan oleh konsumen, juga akan menjadi nilai lebih. Karena konsumen akan senang karena produk yang dibelinya tahan lama, awet serta tahan banting.
0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 8 Lengkap"