Komunikasi Bisnis Pertemuan 12


Judul : Fungsi & Peran Korespondensi Dalam Komunikasi Bisnis

A. Pendahuluan 
Surat disebut juga : Slince Salesman. Surat itu sebenarnya adalah selesman, tetapi salesman yang tidak menggunakan vocal (verbal). Surat itu adalah penyampaian pesan dari komunikator kepada komuikannya (pembacanya). Peranan bahasa, kalimat, kata-kata yang menyejukan komunikan adalah masalah utama dalam penulisan surat. Untuk itu komunikator harus memiliki kemampuan untuk mengutarakan pesanya melalui kata-kata kedalam lembar kertas agar dimengerti maksud dan tujuanya oleh pembaca atau komunikanya.

Surat atau pesan di dalamnya harus persuasi, harus simpati, haru empati, dan menyenangkan pembaca. Ingat urat adalah komunikasi dua arah yang dapat menimbulkan dampak, apakah dampak itu positif, negative, atau lainya tergantung pengggunaan bahasa suarat yang digunakan oleh komunikator. Surat sebagai media komunikasi bisnis banyak ragam dan macamnya, tergantung kepada permasalahan yang edang atau akan dikomunikasikan antara lain :

1. Surat Permintaan Penawaran/meminta keterangan daftar harga barang.
2. Surat Pesanan/Surat Permintaan Pengiriman Barang
3. Urat Tagihan
4. Surat Klaim
5. Surat Jalan
6. Surat Peringatan
7. Surat Perjanjian
8. Surat Sewa Menyewa 
9. Surat Permohonan Pembukaan Letter Of Credit (UC)
10. Surat yang menyangkut dokumen impor dan ekspor meliputi :
10.1 Commercial Invoice (Consulte Invoice / faktur dagang)
10.2 Packing List (Daftar Barang)
10.3 Insurance Certificate
10.4 Bill of lading atau Air Bill
10.5 Certificate of original
10.6 Delivery Order
B. Petunjuk untuk penulisan surat
1. Jangan menulis surat atau membalas urat bernada negative
2. Gunakan bahasa yang selalu mengantisipasi pembacanya 
3. Gunakan bahasa yang persuasive
4. Pilih dan ketahui audience surat yang akan dituju
5. Gunakan rumus AIDDA dalam memiliki surat yang akan dibuat
6. Jaga selalu kredibilitas diri anda.
7. Jaga semantic kata yang digunakan.
8. Gunakan kalimat usulan-usulan yang positif.
9. Tulislah surat sesuai dengan kebutuhan 
10. Tulislah dengan perasaan terbuka (Fair Play)
11. Berikan selalu penghargaan kepada pengirim surat di dalam kalimat-kalimat yng hormat.
12. Tutuplah surat anda dengan nada dan kalimat yang menyenangkan 
13. Pesan yang ditulis dalam surat esuaikan sesuaikan dengan kebutuhan pembacanya.
14. Semua pesan yang ditulis haru jujur dan benar.
15. Gunakan penulisan surat, kerta urat, amplop, surat dengan standar bisnis yang professional.
16. Perhatikan budaya pembacanya
17. Sesuaikan juga dengan pendidikan pembacanya
18. Seuikan juga dengan tahap ekonomi pembacanya
19. Berikan atau curahkan segala pesan yang disampaikan untuk menarik pembaca atau pelanggan kita.
20. Gunakan bentuk-bentuk urat yang umum dipakai.








0 Response to "Komunikasi Bisnis Pertemuan 12"